Profil Kegiatan MPK MAN 2 Kota Kediri

Selain Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) di MAN 2 Kota Kediri ini ada juga organisasi yang sederajat dengan OSIS, ialah MPK atau Majelis Perwakilan Kelas. Organisasi inilah yang bertugas menampung seluruh aspirasi siswa MAN 2 Kota Kediri. Organisasi yang kini dibina oleh Bapak Nurhadi ini masih tergolong organisasi baru yang berada di MAN 2 Kota Kediri, tepatnya baru sekitar 6 tahun berdiri pun juga 6 kali berganti masa jabatan, dan masa jabatan 2017/2018 ini MPK diketuai oleh M. Ikhwan Nurkhusaini dari kelas XI-AGM. MPK sendiri beranggotakan 30 orang, dipilih melalui proses seleksi dari peminat kelas 10 dan 11 yang nantinya akan menjabat sebagai divisi dan koordinator bidang masing-masing. Banyak hal yang perlu diketahui tentang organisasi yang masih seumur “jagung” ini. Terutama dengan fungsi dan tugas MPK sebagai organisasi intra sekolah, mengingat banyak hal yang perlu siswa ketahui tentang hal tersebut.

Salah satu tugas pokok yang dimiliki MPK ialah mengawasi kinerja OSIS sekaligus setiap Ekstrakurikuler yang dibawahi langsung oleh setiap Koordinator Bidang yang ada dalam kepengurusan MPK ini. Hal yang diawasi oleh MPK adalah kegiatan atau acara yang diselenggarakan oleh OSIS dan Ekstra-ekstra di MAN 2 Kota Kediri,  apakah sudah sesuai dengan proker (program kerja) dan tujuan acara yang telah disepakati atau belum Namun tidak hanya mengawasi kegiatan yang berlangsung MPK juga berwenang untuk memberi evaluasi diakhir kegiatan apabila terdapat kekurangan yang perlu dibenahi dari kegiatan tersebut. Hal ini bertujuan untuk mengawasi kinerja OSIS dan setiap Ekstra dalam melaksanakan berbagai kegiatan yang dibebankan masing-masing intra dan ekstrakurikuler di Madrasah kita ini. Sebagai timbal baliknya, OSIS dan Ekstra juga berhak untuk memberi kritik dan saran mereka kepada MPK dalam pertemuan khusus yang sudah diagendakan.

Selain tugas, MPK juga mempunya beberapa fungsi yang menjadi tanggungjawabnya. Salah satunya yaitu menampung aspirasi siswa MAN 2 Kota Kediri yang natinya akan disalurkan kepada Wakil Kepala Madrasah yang bersangkutan melalui kotak saran yang disediakan di masing-masing kelas. Baik saran, kritik, maupun keluhan dari setiap siswa dapat dimasukkan pada kotak saran tersebut untuk ditampung dan dijadikan topik serta bahan diskusi pada salah satu kegiatan MPK yakni Dialog Guru Siswa atau disingkat DGS. Kegiatan inilah yang merealisasikan fungsi MPK yaitu menjembatani tersalurnya aspirasi siswa kepada pihak Madrasah.

Terlepas dari fungsi dan tugas MPK di atas, kerjasama dan perhatian siswa di MAN 2 Kota Kediri juga sangat diperlukan supaya kinerja MPK bisa meningkat dan sesuai yang diharapkan oleh seluruh warga madrasah tercinta ini. (RizqunaXI-IPS1)

LDK

LDK

PILKETOS

PILKETOS