Identitas Madrasah

  1. Nama Madrasah :  MAN 2 Kota Kediri
  2. Alamat Madrasah :
    • Jalan                :  Jl. Letjend. Supraprto 58 Kediri
    • Desa                :  Banjaran
    • Kecamatan     :  Kota
    • Kota                 :  Kediri
    • Propinsi          :  Jawa Timur,
    • Kode Pos        : 64124
    • Telepon          :  0354 – 687876
    • Fax                   :  0354 – 691771
  3. Web                      :  www.man2kotakediri.sch.id
  4. E-mail                    :  [email protected]
  5. NSM / NPSN :  131135710002 / 20580045
  6. Tahun Berdiri/Akreditasi :  1992 / A
  7. Nama Kepala Madrasah : Drs. H. Nursalim,M.Pd.I
    • Waka Kurikulum : Edi Priyanto, M.Pd.
    • Waka Kesiswaan : Iin Hikmawati, S.Pd.
    • Waka Humas : Marwah, S.Pd.
    • Waka Sarpras : Aruji Yahya, S.Pd.
    • Ka TU               : Sukarno, S.Pd.I

Kepemimpinan

Hingga saat ini telah mengalami 14 kali kepemimpinan

  1. 1950-1951 : Syamsoeri
  2. 1951-1955 : Soemarno
  3. 1955-1960 : Soemitro Soerjowidjojo
  4. 1960-1967 : Suhud
  5. 1967-1976 : Abas Shafwan
  6. 1976-1979 : Sanusi
  7. 1979-1989 : H. Sudjai Habib
  8. 1989-1995 : H. Soeparno
  9. 1995-2000 : H. Djaenudin Dimyati
  10. 2000-2005 : H. Ismudji
  11. 2005-2006 : Imam Syafi’i
  12. 2006-2009 : H. Abu Aman
  13. 2009-2016 : Sja’roni, M.P.d.I
  14. 2016-sekarang : Nursalim, M.Pd.I

Visi dan Misi MAN 2 Kota Kediri

Madrasah Aliyah Negeri 2 Kota Kediri merupakan salah satu lembaga pendidikan yang bercirikan Agama Islam, dalam menghadapi perkembangan dan tantangan masa depan seperti :  perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, era informasi dan globalisasi yang sangat cepat serta tantangan moral dan akhlak yang dinamis sehingga diwujudkan dalam Visi Madrasah sebagai berikut :

Madrasah yang Islami, Unggul, Populis, Indah, Mandiri  dan Berwawasan Lingkungan

Visi MAN 2 Kota Kediri secara rinci dapat dijabarkan sebagai berikut :

  1. ISLAMI, yaitu menciptakan kegiatan yang bernuansa Islam meliputi :
    1. Pembudayaan salam
    2. Pembudayaan bacaan Basmallah
    3. Kegiatan taddarus sebelum pelajaran dimulai ( ± 15 menit )
    4. Sholat dhuha pada waktu istirahat I ( 10.00 – 10.15 )
    5. Sholat dhuhur berjama’ah pada istirahat II ( 11.45 – 12.30 )
    6. Sholat Jum’at di masjid At-Taqwa MAN 2 Kota Kediri
    7. Penambahan pelajaran muhadatsah (percakapan Bahasa Arab) dan baca Al Qur’an
    8. Pelaksanaan kegiatan keagamaan
    9. Kajian Islami oleh Seksi Kerohanian Islam (SKI)
    10. Latihan kultum tiap hari Rabu sebelum sholat dhuhur
    11. Pembinaan keagamaan bagi siswi yang berhalangan sholat
    12. Kegiatan siswa yang berkaitan dengan peringatan hari besar Islam
    13. Semua mata pelajaran dikorelasikan dengan nilai-nilai Islam.
    14. Berbusana Islami
    15. Berperilaku dan bersikap Islami
  2. UNGGUL, yaitu berusaha menghasilkan prestasi yang optimal dalam berbagai bidang, diantaranya :
    1. Unggul dalam perolehan DANEM/DANUN
    2. Unggul dalam penjaringan melanjutkan ke jenjang pendidikan tinggi
    3. Unggul dalam penguasaan IPTEK
    4. Unggul dalam lomba Olimpiade
    5. Unggul dalam lomba ekstra dan kreativitas
    6. Unggul dalam olah raga
    7. Unggul dalam disiplin madrasah
    8. Unggul dalam ketrampilan
    9. Unggul dalam kebersihan dan ketertiban
  3. POPULIS, yaitu dikenal dan diminati masyarakat melalui :
    1. Peningkatan prestasi akademis
    2. Peningkatan prestasi ekstra kurikuler (Drumb Band, Pramuka, PMR, KIR IPA/IPS/Bahasa, Jurnalis, Pecinta Alam, Karate, Sepak bola, dll)
    3. Pengadaan lomba-lomba tingkat MTs/SMP, MA/SMA
  4. INDAH, yaitu menciptakan suasana dan iklim belajar yang sejuk, aman, indah dan nyaman agar siswa kerasan di sekolah dengan cara :
    1. Menjaga dan memelihara kebersihan lingkungan
    2. Pengadaan dan pemeliharan taman sekolah
    3. Pengadaan program penghijauan
  5. MANDIRI, yaitu menyiapkan dan memberi bekal kepada siswa yang akan lengsung terjun dalam kehidupan masyarakat melalui :
    1. Pengembangan bahasa ( Bahasa Arab dan Bahasa Inggris )
    2. Ketrampilan IPA terapan
    3. Ketrampilan otomotif
    4. Ketrampilan tata busana
    5. Ketrampilan komputer
  6. BERWAWASAN LINGKUNGAN, yaitu Madrasah yang punya kepedulian terhadap kelestarian lingkungan melalui :
    1. Pengolahan dan pemisahan sampah
    2. Penggiatan Mata Pelajaran Mulok
    3.  Kepedulian kelestarian lingkungan melalui Ekstra KIR

MISI MAN 2 Kota Kediri

  1. Menumbuhkan penghayatan dan pengamalan nilai-nilai Islam dan budaya bangsa sebagai sumber kearifan dan bertindak
  2. Mengembangkan potensi akademik peserta didik secara optimal sesuai dengan bakat dan minat melalui proses pembelajaran
  3. Melaksanakan pembelajaran dan bimbingan secara efektif kepada peserta didik dibidang ketrampilan sebagai modal untuk terjun ke dunia usaha.
  4. Mengembangkan potensi peserta didik melalui kegiatan olah raga dan kesenian serta kegiatan ekstra kurikuler lain untuk memupuk disiplin dan mengembangkan kreativitas
  5. Mengoptimalkan kompetensi warga madrasah dalam memberi pelayanan kepada siswa dan masyarakat pengguna pendidikan
  6. Menerapkan manajemen partisipatif dengan melibatkan warga madrasah dan stakeholders berdasarkan konsep School  Based Management

Tujuan MAN 2 Kota Kediri

Berdasarkan visi dan misi yang telah ada, maka tujuan madrasah yang akan dicapai adalah :

  1. Membuat dan menciptakan kegiatan madrasah yang bersifat Islami sehingga anak didik bisa memahami dan mengamalkan konsep ajaran Islam dalam kehidupan sehari-hari
  2. Menjadikan madrasah memiliki prestasi secara optimal dalam berbagai bidang
  3. Menjadikan madrasah untuk dikenal dan diminati oleh masyarakat melalui kegiatan intrakurikuler dan ekstrakurikuler berdasarkan prestasi yang diperoleh
  4. Menjadikan suasana lingkungan madrasah yang bersih, rindang, indah dan aman sehingga tercipta kenyamanan dalam kegiatan proses belajar mengajar
  5. Menyiapkan dan memberi bekal kepada semua anak didik khususnya berupa pengembangan bahasa (Arab dan Inggris), ketrampilan IPA terapan, otomotif dan tata busana serta komputer yang didasarkan atas minat, potensi, kemampuan dan kecakapan yang dimiliki siswa serta kondisi madrasah