Diseminasi Pembelajaran Berbasis Literasi dan Numerasi

Alhamdulillah pada hari Kamis tanggal 3 Juni 2021 telah diselenggarakan Diseminasi Pembelajaran Berbasis Literasi dan Numerasi sebagai tindak lanjut Bimbingan teknis yang telah diselenggarakan pada 3 – 6 Mei 2021 oleh Kanwil Kemenag Jawa Timur. Diseminasi ini seharusnya terjadwal pada tanggal 27 Mei 2021 karena pada saat yang bersamaan di madrasah berlangsung audit dari irjen maka acara baru terlaksana pada tanggal 3 Juni 2021.

Acara yang berlangsung di Aula Suja’i Habib MAN 2 Kota Kediri ini dihadiri oleh Kasi Pendma Kemenag Kota Kediri Ibu Dra. Aminatun, M.Pd.I. , Pengawas Madrasah Aliyah Bapak H. Masrukin, M.Pd.I. , Kepala MAN 2 Kota Kediri Bapak Drs. H. Nursalim, M.Pd.I., serta 30 guru kelompok MGMP MAN 2 Kota Kediri.

Acara diawali dengan bacaan Ummul Kitab Al Fatihah bersama yang dipimpin moderator Ibu Sunarsih, M.Pd. yang dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Kebangsaa Indonesia Raya dengan dirijen Bapak Drs. Moh. Marzuqi. Acara yang dimulai pukul 13.10 ini dimulai dengan laporan bimbingan teknik pembelajaran berbasis literasi dan numerasi oleh Ibu Nurul Amanati, dimana pada Bimtek Pembelajaran berbasis Literasi dan Numerasi ini MAN 2 Kota Kediri mengutus 7 guru untuk mengikutinya.

Dalam sambutannya Kepala Madrasah mengucap syukur atas ridho dan rahmat Alloh SWT atas prestasi MAN 2 Kota Kediri, diselenggarakannnya KSN, AKM siswa dan guru, terima kasih kepada petugas diseminasi. Sedangkan Bapak Pengawas dalam sambutannya  bahwa bimtek harus didiseminasikan dan mengaplikasikan hasil bimtek dalam kegiatan belajara mengajar serta dalam penyusunan RPP. Adapun Ibu Kasi Pendma dalam sambutannya mengatakan dari diseminasi ini sebagai transfer ilmu kepada teman sejawat. Acara pembukaan ditutup dengan doa yang dipimpin oleh Bapak Drs. H.M. Sulaiman, M.Pd.

Adapun diseminasi ini diawali oleh Presentasi pembelajaran berbasis Numerasi oleh ibu Sayidatul Muchsini, S.Pd. Dilanjutkan dengan Presentasi pembelajaran berbasis Literasi oleh ibu Dra. Lathifah, Penyusunan RPP berbasis numerasi dengan fokus pada penggabungan mata pelajaran lain dalam 1 RPP oleh ibu Hindun Nursiati, S.Pd., dan terakhir presentasi Penyusunan RPP berbasis numerasi oleh ibu Ummi Asmawati, S.Pd. dengan mengusung tema RPP yang disederhanakan.

Dengan adanya Bimbingan Teknis Pembelajaran Berbasis Literasi dan Numerasi bagi Pengawas dan Guru Jenjang MI, MTs, dan MA Se Jawa Timur Tahun 2021 diharapkan guru dapat menerapkan perencanaan, kegiatan belajar mengajar, asesmen, dan pembiasaan pengajaran berbasis literasi serta numerasi sehingga  dapat meningkatkan hasil belajar dan prestasi siswa.

About Author

MAN 2 Kota Kediri

MAN 2 Kota Kediri adalah sekolah setaraf SMA di bawah naungan Kementerian Agama Indonesia yang dulu bernama MAN 3 Kediri. Merupakan Rintisan Madrasah Bertaraf Internasional yang diresmikan tahun 1992 sebelum berganti nama pada tahun 2017.

Related posts

MATSAMA Virtual Warnai Awal Tahun Pelajaran 2021/2022

Kediri – Tahun ajaran baru selalu diawali dengan pengenalan lingkungan pendidikan yang baru melalui serangkaian kegiatan Masa Ta’aruf Siswa Madrasah (MATSAMA). MATSAMA merupakan program pengenalan siswa baru dengan lingkungan madrasah yang baru, baik pengenalan dengan tenaga pendidik, sistem pembelajaran, sarana dan prasarana, organisasi, nilai dan norma yang berlaku, serta kegiatan-kegiatan rutin yang ada di madrasah.

Workshop Review Kurikulum dan Peningkatan Kompetensi Guru MAN 2 Kota Kediri

Kegiatan Workshop Review Kurikulum dan Peningkatan Kompetensi Guru MAN 2 Kota Kediri merupakan agenda rutin tahunan yang diselenggarakan setiap bulan Juni menjelang tahun ajaran baru berikutnya dan khusus tahun ini untuk menyamput tahun ajaran baru 2021/2022. Diantara tujuan Kegiatan ini adalah: Mengulang kembali,mereview kembali, dokumen kurikulum tahun sebelumnya, dibedah disempurnakan kembali dianalisa dan ditetapkan menjadi

Sambutan Kepala MAN 2 Kota Kediri dalam Penerapan PPKM Darurat pada Madrasah

Alhamdulillah  wa syukurillah puja dan puji syukur kita haturkan kepada Alloh SWT atas limpahan rahmat, taufik dan hidayahnya. Sholawat dan salam semoga tercurahkan kepada Nabi Muhammad SAW semoga kelak kita mendapat syafaatnya. Sebagamana kita maklumi bahwa pemerintah mulai tanggal 3 – 20 Juli 2021 memberlakukan PPKM darurat , termasuk cakupan PPKM ini adalah Kota Kediri