MAN 2 Kota Kediri Bersholawat

Allahumma Sholli ‘Ala Sayyidina Muhammad

Pada hari Senin, 25 November 2019 MAN 2 Kota Kediri memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW. Peringatan kali ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya yang diadakan secara internal. Tahun ini peringatan kelahiran Rosul terakhir ini diadakan lebih meriah dan dibuka untuk umum.

Demi menyajikan acara yang menarik dan megesankan, panitia berkolaborasi dengan Jalsatul Itsnain, yaitu salah satu jamaah sholawat yang ada Kediri. Kerjasama ini sangat tepat karena bertepatan dengan Milad Jalsatul Itsnain yang ke-3. Maka dari itu, peringatan Maulid Nabi SAW dibarengkan dengan acara sholawat akbar.

Acara yang dimulai pukul 19.30 dan diakhiri pukul 23.30 ini dihadiri ±2000 jamaah putra dan putri. Para jamaah yang hadir pada malam tersebut adalah dari siswa-siswi MAN 2 Kota Kediri dan masyarakat umum. Hadir pula pada kesempatan tersebut, Bapak Kepala Kantor Kemenag Kota Kediri, Drs. H. Muchdar.  Menurut beliau, acara ini sangat bermanfaat bagi kita, khususnya sebagai siswa-siswi madrasah karena di dalam Kitab Suci Al-Qur’an sudah tertera perintah untuk bersholawat, bahkan Allah SWT dan Rasulullah SAW juga bersholawat. Maka kita sebagai umatnya juga harus suka mengumandangkan sholawat. Salah satu anggota dari Jalsatul Itsnain juga menuturkan makna sholawat bagi umat Islam adalah bukti kecintaan kita kepada baginda Nabi SAW. Beliau juga bersyukur dan senang sekali bisa berkolaborasi dengan MAN 2 Kota Kediri. Beliau berharap dengan adanya jamaah sholawat ini, umat Islam di seluruh dunia bersatu dan bersholawat bersama kepada Allah SWT dan RasulNya.

Sementara menurut Bapak Drs.H. Nursalim, selaku pimpinan di Madrasah MAN 2 Kota Kediri, acara ini merupakan moment yang tepat untuk membentuk karakter siswa madrasah. Karena tidak sekedar memberi pengetahuan, namun dapat membentuk karakter islami, kerja keras, tanggung jawab, kerja sama dan berkolaborasi. Sangat disayangkan jika tidak mengikuti acara ini, karena dihadiri oleh para Habaib, Kyai, Ulama, dan Umaro dari Jalsatul Itsnain.

“ Kegiatan ini menjadi wadah bagi anak-anak kita berlatih bagaimana berkolaborasi untuk mewujudkan suatu acara yang besar.” singkat Pak  Nursalim. Pak Nursalim sendiri menekankan bahwa acara ini merupakan ajang penguatan karakter bahwa kita perlu membangun sinergitas antara makhluk dengan Sang Kholiq.

Suasana peringatan Maulid Nabi SAW berkolaborasi  dengan majelis Jalsatul Itsnain

About Author

MAN 2 Kota Kediri

MAN 2 Kota Kediri adalah sekolah setaraf SMA di bawah naungan Kementerian Agama Indonesia yang dulu bernama MAN 3 Kediri. Merupakan Rintisan Madrasah Bertaraf Internasional yang diresmikan tahun 1992 sebelum berganti nama pada tahun 2017.

Related posts

Satya Yasa Cundamani

Kegiatan bentuk kepedulian Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar untuk memberikan apresiasi terhadap warganya yang mempunyai prestasi. Kemudian berusaha menciptakan sentuhan motivasi pada masyarakat tentang hal-hal yang positif atas prestasi yang diraihnya. Kemudian diberikan apresiasi berupa Satya Yasa Cundamani. Acara telah digelar selama ketiga kalinya ini, bertempat di IKCC Kota Kediri pada Rabu (27/11) malam,

Hari Guru Nasional 2019

Upacara peringatan Hari Guru Nasional 2019 diadakan pada tanggal 25 November di lapangan MAN 2 Kota Kediri. Peringatan kali ini agak berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Kali ini siswa-siswi memberikan bunga kepada semua ibu dan bapak guru. Benar-benar mengejutkan dan membuat peserta upacara yang melihat terharu. Salah satu ibu guru, Bu Lathifah, mengatakan bahwa hal tersebut