MATSAMA Virtual Warnai Awal Tahun Pelajaran 2021/2022

Kediri – Tahun ajaran baru selalu diawali dengan pengenalan lingkungan pendidikan yang baru melalui serangkaian kegiatan Masa Ta’aruf Siswa Madrasah (MATSAMA). MATSAMA merupakan program pengenalan siswa baru dengan lingkungan madrasah yang baru, baik pengenalan dengan tenaga pendidik, sistem pembelajaran, sarana dan prasarana, organisasi, nilai dan norma yang berlaku, serta kegiatan-kegiatan rutin yang ada di madrasah.

Berbeda dengan MATSAMA beberapa tahun sebelumnya,  pelaksanaan MATSAMA tahun ini diselenggarakan dengan sistem virtual, sama seperti MATSAMA tahun kemarin. Namun, di MATSAMA tahun ini panitia memanfaatkan lebih banyak platform pembelajaran virtual yaitu: zoom, google formulir, e-learning, dan juga google classroom. Penggunaan banyak platform virtual tersebut tidak lain sebagai penyesuaian terhadap protokol kesehatan yang sudah ditetapkan pemerintah.

Pelaksanaan MATSAMA bagi siswa Madrasah Aliyah Negeri 2 Kota Kediri tahun ini dilaksanakan mulai tanggal 12 Juli sampai 14 Juli 2021 melalui sistem virtual. Panitia MATSAMA terdiri dari guru-guru yang bertugas dibantu dengan beberapa pengurus OSIS. Sedangkan untuk materi yang disampaikan adalah materi umum dan beberapa materi khusus sebagai tambahan yang meliputi: Building Character, Pengembangan Diri, Wawasan Wiyata Mandala, Sistem Pembelajaran, Pemanfaatan IT untuk pempelajaran, Platrform Pembelajaran, Pengelolaan Sarana Madrasah, serta Moderasi Beragama. Materi diisi oleh Waka Madrasah, Guru BK, dan guru yang kompeten dibidangnya.

Tema yang diambil dalam MATSAMA tahun ini adalah “Building Good Habits and Be A Better Person” diharapkan dengan diselenggarakannya MATSAMA ini siswa baru dapat membangun kebiasaan-kebiasaan baik sesuai norma dan nilai yang ada di madrasah. Dengan kebiasaan baik selama menjadi siswa di MAN 2 Kota Kediri diharapkan siswa menjadi seseorang yang lebih baik menurut versinya sendiri-sendiri.

Kegiatan MATSAMA di MAN 2 Kota Kediri diikuti oleh 435 siswa baru. Dalam pelaksanaanya siswa baru dibagi menjadi 12 kelompok yang dinamai dengan tokoh-tokoh nasional dan juga tokoh-tokoh islam. Setiap kelompok akan didampingi oleh satu guru pamong dan satu pendamping dari pengurus OSIS. Alhamdulillah pelaksanaan MATSAMA Tahun Ajaran 2021/2022 resmi ditutup pada hari ini, Rabu, 14 Juli 2021. Selama tiga hari pelaksanaan, MATSAMA berjalan dengan lancar meski masih dihadapkan pada sulitnya mengakses kegiatan karena keterbatasan sinyal maupun kuota oleh beberapa siswa. Pelaksanaan MATSAMA tahun ini akan dievaluasi untuk MATSAMA tahun berikutnya. Diharapkan dengan kegiatan MATSAMA ini dapat menjadi langkah awal keberhasilan proses pembelajaran di madrasah oleh peserta didik MAN 2 Kota Kediri.

About Author

MAN 2 Kota Kediri

MAN 2 Kota Kediri adalah sekolah setaraf SMA di bawah naungan Kementerian Agama Indonesia yang dulu bernama MAN 3 Kediri. Merupakan Rintisan Madrasah Bertaraf Internasional yang diresmikan tahun 1992 sebelum berganti nama pada tahun 2017.

Related posts

Workshop Review Kurikulum dan Peningkatan Kompetensi Guru MAN 2 Kota Kediri

Kegiatan Workshop Review Kurikulum dan Peningkatan Kompetensi Guru MAN 2 Kota Kediri merupakan agenda rutin tahunan yang diselenggarakan setiap bulan Juni menjelang tahun ajaran baru berikutnya dan khusus tahun ini untuk menyamput tahun ajaran baru 2021/2022. Diantara tujuan Kegiatan ini adalah: Mengulang kembali,mereview kembali, dokumen kurikulum tahun sebelumnya, dibedah disempurnakan kembali dianalisa dan ditetapkan menjadi

Sambutan Kepala MAN 2 Kota Kediri dalam Penerapan PPKM Darurat pada Madrasah

Alhamdulillah  wa syukurillah puja dan puji syukur kita haturkan kepada Alloh SWT atas limpahan rahmat, taufik dan hidayahnya. Sholawat dan salam semoga tercurahkan kepada Nabi Muhammad SAW semoga kelak kita mendapat syafaatnya. Sebagamana kita maklumi bahwa pemerintah mulai tanggal 3 – 20 Juli 2021 memberlakukan PPKM darurat , termasuk cakupan PPKM ini adalah Kota Kediri

Diseminasi Pembelajaran Berbasis Literasi dan Numerasi

Alhamdulillah pada hari Kamis tanggal 3 Juni 2021 telah diselenggarakan Diseminasi Pembelajaran Berbasis Literasi dan Numerasi sebagai tindak lanjut Bimbingan teknis yang telah diselenggarakan pada 3 – 6 Mei 2021 oleh Kanwil Kemenag Jawa Timur. Diseminasi ini seharusnya terjadwal pada tanggal 27 Mei 2021 karena pada saat yang bersamaan di madrasah berlangsung audit dari irjen