Penetapan Madrasah Unggulan Bidang Akademik Tahun 2021

Hadiah Ramadhan untuk Madrasah Unggulan

Di tengah menjalankan ibadah puasa, MAN 2 Kota Kediri mendapat kado Ramadhan. Kabar gembira kembali menyelimuti keluarga besar MAN 2 Kota Kediri. Setelah melalui seleksi panjang dan menyiapkan banyak dokumen portofolio mengenai prestasi madrasah, MAN 2 Kota Kediri berhasil menjadi Madrasah Unggulan Nasional dalam bidang Akademik, Sains, Riset, dan Teknologi. Kabar ini tentu sangat menggembirakan, pasalnya hanya ada 53 madrasah aliyah dari total 8.807 madrasah aliyah di Indonesia yang menjadi Madrasah Unggulan Nasional dalam bidang Akademik, Sains, Riset, dan Teknologi. Ditambah lagi, penghargaan tersebut baru diadakan di tahun 2021 dan MAN 2 Kota Kediri layak menerimanya.

Kabar gembira ini secara resmi berdasarkan Surat Keputusan (SK) Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementrian Agama Republik Indonesia Nomor 1834 Tahun 2021 tentang Penetapan Madrasah Unggulan Bidang Akademik Tahun 2021. SK tersebut ditetapkan di Jakarta pada tanggal 5 April 2021 dan ditandatangani oleh Direktur Jenderal Pendidikan Islam, Muhammad Ali Ramdhani. Penghargaan bergengsi ini diberikan dalam rangka memberikan apresiasi terhadap madrasah-madrasah berdasarkan karakteristik dan keunggulannya.

Madrasah Unggulan Bidang Akademik adalah diversifikasi madrasah menurut keunggulannya di bidang akademik. Bidang akademik merupakan bidang yang tertinggi daripada bidang lainnya. Tidak semua madrasah  termasuk Madrasah Akademik, namun hanya madrasah yang  mempunyai ciri khas, yaitu prestasi di bidang sains, teknologi, akademik, dan riset. MAN 2 Kota Kediri telah memenuhi ciri khas Madrasah Unggulan Akademik yang diminta. Madrasah aliyah yang memiliki visi ISTITHOAH ini juga mampu membuktikan prestasinya yang terus mengalir, baik pada masa Non-Pandemi maupun Pandemi, baik yang berskala nasional maupun internasional.

Selain itu, kualitas lulusan juga menjadi bahan pertimbangan. Hal ini bisa dibuktikan melalui nilai Ujian Nasional (UN) pada tahun 2019 yang mendapat peringkat 2 terbaik se-Jawa Timur dan menduduki urutan 279 dari top 1000 madrasah se-Indonesia. Yang tak kalah hebat, dari sisi Unggulan Sains Riset, MAN 2 Kota Kediri berhasil meraih juara dari lomba yang diadakan oleh KEMENDIKBUD maupun oleh Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia, bahkan sampai taraf Internasional. Dalam Unggulan Teknologi, MAN 2 Kota Kediri selalu eksis dalam Lomba Robotik Nasional. Pada tahun 2019 berhasil mendapat Juara 2 dan mengalami peningkatan pada tahun 2020 menjadi Juara 1. Di dalam sistem pembelajaran madrasah sendiri sudah didukung oleh sistem IT, seperti : setiap kelas sudah didukung oleh Akses Point dan memiliki server yang cukup memadai.

“Saya bersyukur, alhamdulillah. Artinya kerja keras kita selama 4 tahun terakhir mendapatkan apresiasi yang layak dari Kementrian Agama yakni ditetapkan sebagai Madrasah dengan Keunggulan Akademik,” ungkap Bapak Nursalim dengan senyum khas beliau. Penghargaan ini akan memacu siswa untuk bertarung dengan kompetitor-kompetitor yang terbaik di kelasnya dan menghasilkan semakin banyak prestasi. “Dengan adanya MUNA STAR (Madrasah Unggulan Nasional – Science – Technology – Academy – Riset/Religion sangat bagus dan setiap guru juga harus tahu upgradenya harus ke mana, ada bidang : IPA, IPS, Bahasa, dan Agama yang harus terus dipoles,” imbuh Bapak Edi Priyanto selaku wakil kepala bidang kurikulum.

Penghargaan ini tentu saja menjadi anugrah terindah, namun tentu saja menjadi tantangan untuk tetap mempertahankannya. “Makanya orientasi kita sudah menuju ke akademik. Akademik itu Output Ending Goals-nya seluruh siswa diterima di Perguruan Tinggi pilihannya. Maka dari itu, apapun usaha itu harga mati. Tes Potensi Akademik dan Tes Potensi Skolastik akan lebih ditekankan dan beberapa Try Out yang bersifat passing grade,” ungkap Pak Edi melengkapi paparannya. Untuk mewujudkan hal tersebut, MAN 2 Kota Kediri akan membeli Aplikasi IRT (Item Respond Theory). Aplikasi tersebut adalah sebuah sistem uji kemampuan seorang siswa untuk mencapai ukuran grade perguruan tinggi.

Segala upaya dioptimalkan oleh seluruh lini madrasah demi mengantar siswa siswi terbaik meraih cita-citanya. Selanjutnya, Bapak Nursalim, sang top leader di madrasah ini berharap bahwa kader terbaik bangsa akan lahir dari madrasah unggulan.

Ifas/PJ

Dr. H. A. Zayadi, M. Pd.Ka Kanwil KEMENAG Jatim menyerahkan SK Madrasah Unggulan Akademik kepada Drs. H. NURSALIM, M.Pd.I.Kepala MAN 2 KK

 

About Author

MAN 2 Kota Kediri

MAN 2 Kota Kediri adalah sekolah setaraf SMA di bawah naungan Kementerian Agama Indonesia yang dulu bernama MAN 3 Kediri. Merupakan Rintisan Madrasah Bertaraf Internasional yang diresmikan tahun 1992 sebelum berganti nama pada tahun 2017.

Related posts

kunjungan dari MAN Kota Pasuruan

Studi banding merupakan suatu kegiatan yang dilakukan dengan tujuan menambah wawasan dan pengetahuan yang akan diterapkan kedepannya untuk menjadi lebih baik. Kegiatan seperti ini tentunya sangat bagus bagi perkembangan suatu kebutuhan yang diharapkan sebagaimana mestinya. Alhamdulillah pada  hari Rabu tanggal 27 Oktober 2021 MAN 2 Kota Kediri mendapat kunjungan dari MAN Kota Pasuruan dalam rangka

Juara 1 , 2, 3 Lomba Olimpiade Pendidikan Agama Islam (PAI) Tingkat MA/SMA se-Jawa Timur

ا لسَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُاللهِ وَبَرَكَاتُهُ Tiada untaian kata yang paling indah kecuali rasa syukur ke Hadirat Illahi Rabbi atas berbagai nikmat dan karunia yang telah kita terima utamanya kenikmatan berupa kesehatan . Bapak Kepala Madrasah memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada Pembina (Ibu Milla Maftuchah, Lc, M.Pd.I) dan semua pihak yang terkait dengan prestasi siswa tercinta. MAN

Juara 3 Kompetisi Robotik Madrasah Ke-7 Tahun 2021

Assalamualaikum Warohmatullohi Wabarokatuh Tiada untaian kata yang paling indah kecuali rasa syukur kita ke Hadirat Illahi Rabbi atas berbagai nikmat dan karunia yang telah kita terima utamanya kenikmatan berupa kesehatan . Bapak Kepala Madrasah memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada Pembina Ibu Agustin Wilujeng, S.Kom. dan semua pihak yang terkait dengan prestasi ini, madrasah tercinta MAN 2