Upacara HUT RI ke 76

Melanjutkan Perjuangan Para Pahlawan Dalam Bingkai Kemerdekaan

Kemerdekaan merupakan anugerah terbesar bagi suatu bangsa, tak terkecuali bangsa Indonesia yang mana pernah dijajah selama kurang lebih 350 tahun. Berkat gelora semangat para pahlawan,  pada tahun 1945 mereka berhasil membebaskan  bangsa ini dari kejamnya penjajahan. Hal ini merupakan sesuatu yang patut disyukuri oleh seluruh elemen masyarakat Indonesia tanpa terkecuali. Rasa syukur ini dapat kita wujudkan melalui peringatan kemerdekaan yang menjadi momentum untuk meningkatkan semangat juang dalam mengisi kemerdekaan sebagai bentuk apresiasi terhadap perjuangan para pahlawan.

Tahun ini peringatan Dirgahayu Kemerdekaan Republik Indonesia kembali dirayakan di tengah pandemi.  Perayaan yang Ke-76 ini mengusung tema “Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh”. Tema ini mendeskripsikan nilai-nilai ketangguhan, semangat pantang menyerah untuk terus maju bersama dalam menghadapi tantangan di masa pandemi seperti ini, agar dapat mencapai masa depan yang lebih baik.

Tak ketinggalan,  MAN 2 Kota Kediri mengadakan serangkaian kegiatan, diawali dengan kegiatan doa bersama secara virtual yang dilaksanakan pada Senin (16/08/2021) selepas isya’ yang dihadiri oleh seluruh warga madrasah, baik guru, karyawan dan seluruh siswa.

Lalu dilanjutkan pada Selasa (17/08/2021), yaitu upacara pengibaran bendera dan pembacaan teks proklamasi. Pada upacara bendera, diselenggarakan secara tatap muka dan virtual. Upacara secara tatap muka bersifat terbatas dengan hanya diikuti oleh dewan guru dan beberapa siswa yang bertugas, sedangkan upacara secara virtual diikuti oleh seluruh siswa melalui platform zoom meeting.

Rangkaian pengibaran bendera dimulai pukul 07.00, disusul dengan pembacaan teks proklamasi oleh bapak Zainal Fachris, S.Pd.I.,  sesi hikmat menyanyikan lagu “Indonesia Raya” serta mengheningkan cipta. Dilanjut dengan pembacaan UUD 1945 dan pemberian amanat  oleh bapak Nursalim. Upacara ditutup dengan pembacaan doa sebagai acara pamungkas.

Bapak Nursalim, M.Pd.I selaku kepala madrasah bersyukur kepada anak-anak yang telah menjalankan tugas dengan baik. Kemerdekaan ini memberikan makna bagaimana kita bisa mengemban amanah para pendiri bangsa dalam mewujudkan masyarakat yang adil dan makmur. Dalam hal ini perjuangan para pahlawan menjadi hal yang patut kita teladani. Yang utama adalah bahwa madrasah merupakan komponen penting yang ikut andil dalam meneruskan perjuangan. Tidak bisa dipungkiri bahawa para tokoh ulama berperan signifikan dalam upaya merebut dan mempertahankan kemerdekaan ini. Saat ini yang bisa dilakukan adalah mengisi kemerdekaan dengan berbagai prestasi di berbagai bidang. Tentunya, hal ini  membutuhkan semangat juang yang tinggi dalam berbagai aspek termasuk aspek pendidikan, sebagai contoh madrasah menciptakan inovasi pembelajaran dengan yang sudah dikombinasikan dengan blended learning.

Dalam kesempatan kali ini, Satrio− pemimpin upacara−berpesan kepada siswa kelas XII untuk meneruskan semangat dalam meraih pendidikan yang diinginkan dan kepada siswa kelas X dan XI untuk menjaga semangatnya dalam belajar. Ia juga berharap pandemi akan segera berakhir.

Melalui momen peringatan kemerdekaan ini, Bapak Nursalim menyampaikan bahwa perubahan dari masa ke masa begitu cepat sehingga kita harus tanggap dan sigap dengan perubahan tersebut agar tidak menjadi korban. Kita harus meningkatkan kompetensi diri sesuai dengan perkembangan situasi dan kondisi dengan tetap menjaga akhlaqul karimah, jiwa patriotisme dan nasionalisme.

Alhamdulillah pada peringatan HUT RI k2 76 tahun ini ada 2 siswa MAN 2 Kota Kediri yang bertugas sebagai pembawa /bentang bendera di Balai Kota Kediri yakni Agysta kelas XI MIPA6 dan Wildan kelas XI A4 .

 

 

Divisi Humas – Ainia-XI AGM/Eva-X BHS

About Author

MAN 2 Kota Kediri

MAN 2 Kota Kediri adalah sekolah setaraf SMA di bawah naungan Kementerian Agama Indonesia yang dulu bernama MAN 3 Kediri. Merupakan Rintisan Madrasah Bertaraf Internasional yang diresmikan tahun 1992 sebelum berganti nama pada tahun 2017.

Related posts

MAN 2 Kota Kediri Sukseskan Program Vaksinasi Nasional

Kota Kediri (MAN 2) – Dalam upaya pencegahan penyebaran Virus Covid 19. Resimen Vaksinator Covid 19 ([email protected]) RS Bhayangkara Kediri melaksanakan respons vaksinasi dalam rangka percepatan pelaksanaan vaksinasi. Kegiatan ini merupakan kerjasama antara MAN 2 Kota Kediri dengan RS Bhayangkara Kediri. Vaksinasi ini dikhususkan pada siswa MAN 2 Kota Kediri.  Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal

MAN 2 Kota Kediri dalam LDKS Forum OSIS Nasional 2021

Kota Kediri (MAN 2) – Forum OSIS Sulawesi Selatan menyelenggarakan Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa (LDKS) Nasional ke-18 Tahun 2021. Kegiatan ini merupakan rangkaian kegiatan Forum OSIS Collaboration Festival 2021. MAN 2 Kota Kediri berkesempatan mengikuti kegiatan yang dilaksanakan secara virtual melalui zoom meeting. Dalam acara ini salah satu narasumbernya adalah Kepala Bidang Pendidikan Madrasah Kanwil

Pesta Demokrasi dalam PILKETOS MAN 2 Kota Kediri

Kota Kediri (MAN 2)- Majelis Perwakilan Kelas (MPK) MAN 2 Kota Kediri melaksanakan Pemilihan Ketua OSIS (PILKETOS) periode kepengurusan 2021-2022. Kegiatan Pesta Demokrasi ini diselenggarakan di tengah Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 3 dan 4 akibat Pandemi Covid 19. Pelaksanaan kegiatan di pusatkan di Aula Sudja’i Habib MAN 2 Kota Kediri Jalan Letjend. Suprapto