Haru, MAN 2 Kota Kediri Kembali Melaksanakan Upacara Hari Santri secara Offline

(m2kk) Santri merupakan julukan bagi seorang pelajar yang menuntut ilmu agama di ranah pesantren. Santri diajarkan untuk disiplin waktu, mulai dari ibadah sampai belajar. Santri identik dengan pesantren, kemudian pesantren melahirkan madrasah. Maka dari itu, sebagai insan madrasah turut bersyukur dan berbangga. Eksistensi madrasah pun kini semakin diakui oleh pemerintah dan masyarakat luas.

Hari Santri di Indonesia diperingati setiap tanggal 22 Oktober. Seperti yang kita ketahui, santri memiliki peran yang luar biasa dalam memperjuangkan Indonesia. Hal ini terlihat dari bagaimana santri memperjuangkan kemerdekaan, mempertahankan kemerdekaan, dan mengisi kemerdekaan saat ini.

MAN 2 Kota Kediri ikut merayakan Hari Santri Nasional yang bertepatan dengan hari Sabtu, 22 Oktober 2022. Seluruh warga madrasah menyambut dengan bahagia hari bersejarah ini melalui upacara yang berlangsung khidmat sehingga upacara Hari Santri dapat berjalan dengan lancar. Peringatan kali ini terasa mengharukan karena pada tahun sebelumnya tidak bisa melaksanan upacara akibat Pandemi. Pemandangan begitu berbeda, terlihat para siswa memakai baju koko putih, berkopyah hitam dan bersarung, sementara siswi memakai atasan putih, kerudung putih dan bawahan hitam. Ada juga beberapa siswi yang mengenakan gamis putih dan dibalut kerudung putih. Nuansa pesantren seakan terlihat jelas di sini.

Santri memiliki karakter yang unik dan lebih  sehingga memiliki peluang lebih besar dalam meraih kesuksesan karena memiliki kekuatan spiritual dan lebih dekat dengan Allah Swt. disertai dengan akhlakul karimah. “Maka, potensi santri untuk menjadi orang penting di negeri ini sangat besar. Mereka mempunyai akhlak dengan potensi dari berbagai jalur, ada yang dari pesantren, madrasah, bahkan sekolah umum,” ujar Bapak Drs. H. Nursalim, M.Pd. selaku Kepala Madrasah MAN 2 Kota Kediri di akhir wawancara.

Sementara sebagian siswa lainnya menadakan upacara di Pagung Agro Wisata Kediri (PARI) yang diikuti peserta Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) oleh MPK MAN 2 Kota Kediri dengan Pembina Upcara Ibu Iin Hikmawati, S.Pd.

HUMAS M2KK

Kontributor : Ekstrakurikuler Jurnalis : Nur Azizah (XI MIPA 6), Rida Agustiani (XI IPS 3). Pembina : Ifah Suliha, M.Pd.

About Author

MAN 2 Kota Kediri

MAN 2 Kota Kediri adalah sekolah setaraf SMA di bawah naungan Kementerian Agama Indonesia yang dulu bernama MAN 3 Kediri. Merupakan Rintisan Madrasah Bertaraf Internasional yang diresmikan tahun 1992 sebelum berganti nama pada tahun 2017.

Related posts

Peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) 2022 “Bangkit Indonesiaku Sehat Negeriku”

Keberhasilan Indonesia mengatasi wabah malaria yang menyerang pada tahun 1964 melatarbelakangi ditetapkannya tanggal 12 November sebagai Hari Kesehatan Nasional (HKN). Wabah ini disebutkan memakan banyak korban jiwa, seperti halnyai wabah Covid-19 baru-baru ini. Pada tahun 2022 ini, peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) pasca pandemi mengusung tema “Bangkit Indonesiaku Sehat Negeriku”. Untuk memperingati Hari Kesehatan Nasional

Direktur KSKK Madrasah Apresiasi Prestasi Madrasah di Kota Kediri

KOTA,JP Radar Kediri – Direktur Kurikulum Sarana Kelembagaan dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah Dirjen Pendis Kemenag RI Mohammad Isom Yusqi safari ke sejumlah madrasah di Kota Kediri (2/11). Kunjungan dilakukan dalam rangka memberi dukungan serta pembinaan siswa dan guru madrasah. Pada kesempatan tersebut, Isom mengunjungi empat madrasah berprestasi di Kota Kediri. Yakni MAN 1, MAN 2,

Gemilap Berbahasa, Gelora Reka Cipta

MAN 2 Kota Kediri Gelar Festival Bulan Bahasa 2022 : Gemilap Berbahasa, Gelora Reka Cipta Oktober senantiasa identik dengan bulan bahasa, karena pada bulan ini diperingati sebagai Hari Sumpah Pemuda dan ditetapkannya bahasa persatuan yaitu Bahasa Indonesia. Bulan bahasa diperingati dengan tujuan memelihara semangat dan meningkatkan peran masyarakat dalam berbahasa Indonesia yang baik. Festival bulan