Jumbara, Ajang Berkompetisi dan Memperluas Relasi

Jumpa Bhakti Gembira atau Jumbara merupakan kegiatan tahunan yang diselenggarakan langsung oleh PMI. Sesuai namanya, Jumbara ini bertujuan untuk memperkuat solidaritas dan menambah relasi antar anggota PMR Wira dan Madya  se-kabupaten atau kota melalui kegiatan perkemahan dan travelling kepalangmerahan.

Tahun ini, Jumbara dilaksanakan di lapangan belakang MAN 2 Kota Kediri pada Sabtu dan Minggu (24-25/9/2022). Acara ini kembali digelar setelah sempat terhenti karena pandemi. Jumbara kali ini diikuti oleh 35 regu dari tingkat Wira dan Madya se-Kota Kediri dengan 10 anggota pada setiap regunya. Nantinya, tiap anggota regu ini akan dipecah kembali untuk membentuk kelompok-kelompok yang terdiri atas anggota-anggota dari sekolah yang berbeda. Dengan demikian, para peserta Jumbara akan saling mengenal dari sekolah yang berbeda.

Sebagai tuan rumah Jumpa Bhakti Gembira 2022, MAN 2 Kota Kediri tentu memiliki persiapan-persiapan khusus demi kelancaran acara. Persiapan dilakukan kurang lebih selama dua minggu sebelum acara terlaksana. Hal ini meliputi sarana dan prasarana, latihan-latihan kepalangmerahan, dll. walaupun terkendala jam latihan yang terbatas karena dilaksanakan di hari-hari efektif, tetapi MAN 2 Kota Kediri telah berusaha maksimal dalam mempersiapkan segala keperluan Jumbara. Dari pihak MAN sangat mendukung terlaksananya acara ini dengan mengirimkan dua regu (putra dan putri) yang terdiri atas gabungan kelas X dan XI. Bapak Suyono M.Pd. selaku pembina PMR MAN 2 Kota Kediri menyampaikan harapannya untuk PMR MAN 2 Kota Kediri, “Harapan dari saya selaku pembina PMR, anak-anak bisa menampilkan kegiatan-kegiatan dalam Jumbara itu secara maksimal, artinya baik dalam mengikuti kegiatan travelling maupun gembira untuk pentas seninya.”

Rangkaian kegiatan Jumbara diawali dengan pendirian tenda pada Jumat sore, disusul dengan rangkaian kegiatan inti yaitu upacara pembukaan dan remaja tangguh bencana pada Sabtu, pukul 08.00 WIB. Sealnjutnya kegiatan travelling dan wahana kepalangmerahan dilaksanakan pada pukul 13.00−16.30 WIB, travelling terdiri atas 7 bidang (Kepalangmerahan, Donor Darah Sukarela, Ayo Siaga Bencana, Kepemimpinan, Pertolongan Pertama, Sanitasi Kesehatan, dan Kesehatan Masyarakat), sedangkan wahana kepalangmerahan diikuti masing-masing 3 orang dari setiap regu. Acara pada hari pertama ini ditutup pada pukul sebelas malam dengan kegiatan pentas seni dari masing-masing perwakilan sekolah.

Pada hari kedua, terdapat aksi bersih lingkungan yang dilakukan oleh peserta Jumbara di sekitar Taman Makam Pahlawan Joyoboyo. Pada hari kedua ini, travelling kembali dilakukan setelah aksi bersih lingkungan, kemudian disusul upacara penutupan dan penyerahan penghargaan yang berakhir pada pukul 14.00 WIB.

Menariknya, Jumbara tahun ini tidak dilombakan seperti tahun-tahun sebelumnya. Akan tetapi, terdapat penghargaan-penghargaan untuk kelompok dengan presentasi terbaik pada kegiatan travelling dan pentas seni. Beberapa perwakilan dari MAN 2 Kota Kediri pun turut memperoleh penghargaan ini, yakni Zaka sebagai perwakilan Kelompok Terbaik Kepalangmerahan dan Alycia sebagai perwakilan Kelompok Terbaik Ayo Siaga Bencana.

Menurut Ketua PMI Kecamatan Pesantren, Bu Nita Widiastuti, mengungkapkan bahwa kegiatan Jumbara ini selaras dengan apa yang sudah direncanakan oleh Pak Nadiem, yakni P5 (Projek Penguatan Profil Pemuda Pancasila) karena di sini nanti anak-anak akan belajar untuk saling berbagi dan mengerti akan arti kerja sama. Jumbara ini memiliki banyak sekali manfaat, sangat sayang pada tahun sebelumnya tidak bisa diadakan. Seperti yang diungkapkan oleh salah seorang peserta Jumbara, “Jumbara tahun ini merupakan pengalaman yang berbeda dan pertama kali bagi kami yang sangat menyenangkan. Semoga dengan Jumbara ini dapat mempererat tali silaturahmi antar sesama anggota PMR di semua unit dan semoga PMR selalu bersinar. Siamo Tutti Fratelli!!”

 

HUMAS M2KK

Kontributor :

Ekstra Jurnalis : A’la/Zee/Isma/Nadhira/Najwa/Haifa/Karina/Umi/Ana/Titi

Pembina : Ibu Ifah Suliha, M.Pd.

#man2kotakediri
#mantsani
#m2kk

……….

Follow us on :
website : http://www.man2kotakediri.sch.id
Instagram : @man2kotakediri
Facebook : MAN 2 Kota Kediri
Twitter : @man2kotakediri
Youtube : MAN 2 Kota Kediri
……….

About Author

MAN 2 Kota Kediri

MAN 2 Kota Kediri adalah sekolah setaraf SMA di bawah naungan Kementerian Agama Indonesia yang dulu bernama MAN 3 Kediri. Merupakan Rintisan Madrasah Bertaraf Internasional yang diresmikan tahun 1992 sebelum berganti nama pada tahun 2017.

Related posts

Peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) 2022 “Bangkit Indonesiaku Sehat Negeriku”

Keberhasilan Indonesia mengatasi wabah malaria yang menyerang pada tahun 1964 melatarbelakangi ditetapkannya tanggal 12 November sebagai Hari Kesehatan Nasional (HKN). Wabah ini disebutkan memakan banyak korban jiwa, seperti halnyai wabah Covid-19 baru-baru ini. Pada tahun 2022 ini, peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) pasca pandemi mengusung tema “Bangkit Indonesiaku Sehat Negeriku”. Untuk memperingati Hari Kesehatan Nasional

Direktur KSKK Madrasah Apresiasi Prestasi Madrasah di Kota Kediri

KOTA,JP Radar Kediri – Direktur Kurikulum Sarana Kelembagaan dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah Dirjen Pendis Kemenag RI Mohammad Isom Yusqi safari ke sejumlah madrasah di Kota Kediri (2/11). Kunjungan dilakukan dalam rangka memberi dukungan serta pembinaan siswa dan guru madrasah. Pada kesempatan tersebut, Isom mengunjungi empat madrasah berprestasi di Kota Kediri. Yakni MAN 1, MAN 2,

Gemilap Berbahasa, Gelora Reka Cipta

MAN 2 Kota Kediri Gelar Festival Bulan Bahasa 2022 : Gemilap Berbahasa, Gelora Reka Cipta Oktober senantiasa identik dengan bulan bahasa, karena pada bulan ini diperingati sebagai Hari Sumpah Pemuda dan ditetapkannya bahasa persatuan yaitu Bahasa Indonesia. Bulan bahasa diperingati dengan tujuan memelihara semangat dan meningkatkan peran masyarakat dalam berbahasa Indonesia yang baik. Festival bulan