Kunjungan Kelompok Kerja Madrasah Aliyah (KKMA) Provinsi Sulawesi Selatan

Sebanyak 30 peserta studi pengembangan mutu madrasah KKMA kementerian agama Provinsi Sulawesi Selatan melaksanakan kunjungan di Madrasah Aliyah Negeri 2 Kota Kediri pada Senin, 6 Februari 2023. Diantara rombongan tersebut ada Ketua KKM, Dr. H. Syamsuddin, M. Pd. Kakanwil Kemenag, Kabid. PENMAD, serta Kepala dan Wakil Kepala Madrasah Aliyah Sulawesi Selatan. Sebagai tuan rumah, pihak MAN 2 Kota Kediri yang terdiri dari sebagian guru, anggota organisasi maupun ekstra bergerak turun tangan untuk penyambutan tamu sehingga acara berjalan dengan baik serta dapat menimbulkan kesan positif.

Pelaksanaan studi pengembangan mutu madrasah ini bertujuan untuk bertukar pengalaman dalam hal meningkatkan kompetensi Kepala Madrasah dan mutu madrasah di Provinsi Sulawesi Selatan. Selain itu, agenda kunjungan juga bermanfaat untuk menyamakan persepsi tentang cara berfikir dalam pengelolaan madrasah sehingga dapat melahirkan lulusan-lulusan yang terbaik. Kabid. PENMAD Sulawesi Selatan menuturkan alasan pemilihan MAN 2 Kota Kediri sebagai tujuan diadakannya kegiatan studi pengembangan mutu madrasah, yaitu karena MAN 2 Kota Kediri merupakan madrasah yang banyak menorehkan prestasi baik nasional maupun internasional sehingga dapat menjadi contoh untuk kedepannya. Wakamad Kesiswaan MAN 2 Kota Makassar juga menambahkan bahwa kemajuan di Kediri ini sangat pesat, hampir semua lini tertata dengan rapi dan baik sehingga dapat dijadikan sebagai percontohan yang bisa di bawa ke Sulawesi Selatan.

Kegiatan studi pengembangan mutu madrasah yang ini memberikan banyak manfaat bagi kedua belah pihak. Salah satunya adalah kolaborasi yang dijadikan sebagai studi tiru. Dari yang dulu MAN dipandang sebelah mata, sekarang justru MAN dijadikan sebagai landasan utama untuk menjadi peran terbaik di masa depan. Selain itu kegiatan studi pengembangan mutu madrasah ini menjadikan MAN 2 Kota Kediri menjadi salah satu madrasah yang diperhitungkan di kancah nasional terutama dalam hal manajemen dan akselerasi prestasi.

“Alhamdulillah, kita bisa berbagi dengan MAN Sulawesi Selatan, meskipun kurang maksimal karena faktor waktu. Kita juga senang melihat peserta antusias dan semangat sampai berdiri mendekat serta meminta selfie. Studi ini sebagai pembuka untuk berkolaborasi yang lebih masif. Tadi muncul ide ‘memagangkan’ guru dan siswa di MAN 2 Kota Kediri dan ini bagus,” ungkap Bapak Drs. Nursalim, M,Pd.I selaku Kepala Madrasah Aliyah Negeri 2 Kota Kediri.

Kegiatan studi pengembangan mutu madrasah kali ini berjalan dengan lancar tanpa adanya kendala. Salah satu peserta juga merasa sangat bersyukur dapat mengikuti acara ini untuk mengembangkan mutu madrasah. Selanjutnya Dr. Ilyas, M.Ag. selaku Wakamad Kesiswaan MAN 2 Kota Makassar juga berpesan agar para siswa terus berpacu dan terus belajar karena masa depan berada di tangan siswa dan juga diharapkan para siswa dapat mengaplikasikan ilmu yang didapat dengan baik dan mencetak prestasilebih banyak lagi.

 

HUMAS M2KK

#man2kotakediri
#mantsani
#m2kk

#madrasah

……….

Follow us on :
website : http://www.man2kotakediri.sch.id
Instagram : @man2kotakediri
Facebook : MAN 2 Kota Kediri
Twitter : @man2kotakediri
Youtube : MAN 2 Kota Kediri
……….

 

HUMAS M2KK

Kontributor : Ekstrakurikuler Jurnalis :

(Lana XI S1/Zita XII A5/Zain XI S4/Azza X-7/Amelia X-10/Ifa X-2)

Pembina : Ibu ifah Suliha, M.Pd.

About Author

MAN 2 Kota Kediri

MAN 2 Kota Kediri adalah sekolah setaraf SMA di bawah naungan Kementerian Agama Indonesia yang dulu bernama MAN 3 Kediri. Merupakan Rintisan Madrasah Bertaraf Internasional yang diresmikan tahun 1992 sebelum berganti nama pada tahun 2017.

Related posts