MAN 2 Kota Kediri Gelar Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-95

Sabtu, 28 Oktober 2023 telah dilaksanakan upacara bendera dalam rangka  Peringatan Hari Sumpah Pemuda yang ke-95. Upacara dimulai pada pukul 07.00 WIB dan selesai pada pukul 08.00 WIB. Upacara tersebut bertempat di lapangan belakang MAN 2 Kota Kediri dan diikuti oleh seluruh warga MAN 2 Kota Kediri. Selain itu, upacara ini  juga dihadiri oleh anggota pramuka penegak se kwartir cabang Kota Kediri. Karena MAN 2 Kota Kediri menjadi tuan rumah dalam kegiatan KPDK (Kursus Pengelolaan Dewan Kerja) pada tahun ini, maka upacara pun diinspekturi oleh Bapak Kepala Madrasah MAN 2 Kota Kediri sendiri, yakni Bapak Nursalim. Beliau memimpin dengan penuh wibawa dan semangat.

Dalam sambutannya, Bapak Nursalim berpesan bahwa kegiatan upacara Hari Sumpah Pemuda menjadi salah satu faktor yang sangat efektif untuk menumbuhkan semangat dan nilai-nilai sumpah pada diri pemuda-pemudi Indonesia. Didasarkan pada sejarah Sumpah Pemuda, gerakan pemudalah yang menginisiasi kemerdekaan negara kita. Semangat itulah yang harus selalu kita hidupkan dan terapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Beliau juga menyampaikan rasa bangganya terhadap para petugas upacara yang telah menjalankan tugas atau amanatnya dengan sangat baik, mulai dari Passerka, Kesenian, Drumband, PMR, PKS, dan ekstra lain yang ikut terlibat. Kekompakan yang dihasilkan dari maksimalnya para petugas upacara dalam menjalankan tugas, membuat upacara dapat berlangsung secara lancar dan khidmat. Menjadi petugas upacara merupakan salah satu bentuk contoh implementasi nilai-nilai Sumpah Pemuda. Selain itu, melalui kegiatan esktrakurikuler dapat membentuk generasi muda yang tangguh, produktif, dan kontributif.

Susunan acara upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-95 kali ini, diantaranya adalah pengibaran Bendera Merah Putih diiringi lagu Indonesia Raya, pembacaan teks Pancasila, pembacaan naskah UUD 1945, pembacaan teks keputusan Kongres Pemuda Indonesia 1928, Menyanyikan lagu Satu Nusa Satu Bangsa, doa dan ditutup iringan lagu oleh tim Drumband. Yg unik adalah, semua peserta upacara mengenakan kaos khas karena bertepatan dengan hari Sabtu yang seragam pada hari itu adalah hari Sabtu.

Menurut Riski Briliana Rahmayanti, salah satu siswi MAN 2 Kota Kediri. bahwa generasi muda dengan adanya kegiatan peringatan Hari Sumpah Pemuda mampu mengajak siswa-siswi untuk terus menerapkan semangat sumpah pemuda, sehingga bisa menjadi pemuda-pemudi yang cerdas, terdidik, jujur, berakhlakul karimah, dan berjiwa nasionalisme. Serta sebagai penerus bangsa harapannya pemuda pemudi dapat mengemban amanat dalam menjaga dan mempertahankan bangsa di era digitalisasi dan globalisasi.

 

HUMAS M2KK

 

#man2kotakediri
#mantsani
#m2kk

#madrasah

#prestasi

#MadrasahMandiriBerprestasi

#madrasahhebat

#madrasahaliyah

……….

Follow us on :
website : http://www.man2kotakediri.sch.id
Instagram : @man2kotakediri
Facebook : MAN 2 Kota Kediri
Twitter : @man2kotakediri
Youtube : MAN 2 Kota Kediri
……….

 

Kontributor :

Ekstrakurikuler Jurnalis :

Tsania XI A4/Nayla S5/Fadhila X-4/Zayyin X-6/Tsany X-10

Pembina : Ibu ifah Suliha, M.Pd.

 

About Author

MAN 2 Kota Kediri

MAN 2 Kota Kediri adalah sekolah setaraf SMA di bawah naungan Kementerian Agama Indonesia yang dulu bernama MAN 3 Kediri. Merupakan Rintisan Madrasah Bertaraf Internasional yang diresmikan tahun 1992 sebelum berganti nama pada tahun 2017.

Related posts