MAN 2 Kota Kediri Kembali Jadi Tujuan Studi Banding, Kali Ini dari MAN 1 Kota Gorontalo

Kamis, 22 September 2022 MAN 2 Kota Kediri lagi-lagi menjadi sekolah tujuan untuk studi banding. Kali ini tamu datang dari MAN 1 Kota Gorontalo yang terdiri atas  8  guru dan 36 siswa dari. Sebagai tuan rumah,  pihak MAN 2 Kota Kediri telah mempersiapkan dengan baik  dalam menyambut kedatangan dengan penuh antusias.

Studi banding memberikan banyak manfaat bagi kedua pihak madrasah. Salah satunya adalah sharing mengenai kegiatan ekstra serta model pembelajaran dalam madrasah masing-masing. Model pembelajaran MAN 1 Kota Gorontalo, ternyata tidak jauh berbeda dengan MAN 2 Kota Kediri. Yakni sama-sama menggunakan kurikulum merdeka pada kelas 10 tahun pelajaran 2022/2023, dan kurikulum 2013 pada kelas 11 dan kelas 12. Kedua madrasah ini sama-sama memiliki 12 kelas  dan 4 jurusan di setiap angkatannya. Ada sedikit perbedaan mengenai pemberlakuan ekstrakurikuler. MAN 2 Kota Kediri mewajibkan seluruh siswanya mengikuti minimal satu ekstra, sedangkan di MAN 1 Kota Gorontalo tidak semua siswa diwajibkan mengikuti ekstrakurikuler.

“Diadakannya acara studi banding ini memiliki tujuan untuk saling menukar pikiran serta menggali setiap keunggulan yang ada di kedua madrasah, seperti keunggulan di MAN 2 Kota Kediri yang bisa dikembangkan di MAN 1 Kota Gorontalo, ataupun sebaliknya. Sehingga ke depannya kedua madrasah ini bisa bertemu di tingkat nasional,” begitu ungkap Bapak H. Waris Wasuara selaku Kepala MAN 1 Kota Gorontalo. Beliau juga memberikan pesan agar siswa-siswi MAN 2 Kota Kediri harus mempertahankan prestasi yang telah ditorehkan saat ini dan dilanjutkan oleh generasi selanjutnya. Membangun dan mempertahankan sistem itu penting, solidaritas madrasah tetap dijaga dan dipertahankan supaya MAN 2 Kota Kediri terus bertahan di tingkat nasional.

“Dalam memilih tujuan studi banding, MAN 1 Kota  Gorontalo tidak salah menjadikan MAN 2 Kota Kediri untuk tempat studi banding dikarenakan MAN 2 Kota Kediri yang sudah terkenal di seluruh Indonesia. Prestasinya telah dikenal di seluruh Indonesia, banyak guru dari MAN 2 Kota Kediri menjadi tim AKMI, madrasah dengan riset terbaik, dan juga Kepala Madrasah MAN 2 Kota Kediri yang menjadi instruktur nasional kepala madrasah se-Indonesia,” ungkap Bapak Fachris selaku Waka Humas MAN 2 Kota Kediri. Dan semoga kegiatan ini dapat membantu MAN 1 Kota Gorontalo untuk mengembangkan madrasah mereka.

Kegiatan studi banding kali ini berjalan dengan cukup lancar. Para siswa dari MAN 1 Gorontalo yang mengikuti studi banding kali ini juga merasa bersyukur karena dengan mengikuti kegiatan ini mereka dapat mempelajari banyak hal baru dan menambah relasi teman dari MAN 2 Kota Kediri.

“Acaranya seru, seneng juga soalnya bisa nambah kenalan.” ungkap salah satu siswa dari MAN 1 Kota Gorontalo pada wawancara siang tadi. Semoga kedua madrasah ini dapat terus meningkatkan prestasinya dalam dunia pendidikan dan dapat bertemu di tingkat nasional seperti pesan yang disampaikan oleh Bapak Kepala MAN 1 Kota Gorontalo.

Humas M2KK

Kontributor :

Ekstra Jurnalis : Eysta/Najwa/Haifa/Maretha/Farwah/Arum

Pembina : Ibu Ifah Suliha, M.Pd.

#man2kotakediri
#mantsani
#m2kk

……….

Follow us on :
website : http://www.man2kotakediri.sch.id
Instagram : @man2kotakediri
Facebook : MAN 2 Kota Kediri
Twitter : @man2kotakediri
Youtube : MAN 2 Kota Kediri
……….

About Author

MAN 2 Kota Kediri

MAN 2 Kota Kediri adalah sekolah setaraf SMA di bawah naungan Kementerian Agama Indonesia yang dulu bernama MAN 3 Kediri. Merupakan Rintisan Madrasah Bertaraf Internasional yang diresmikan tahun 1992 sebelum berganti nama pada tahun 2017.

Related posts

Jumbara, Ajang Berkompetisi dan Memperluas Relasi

Jumpa Bhakti Gembira atau Jumbara merupakan kegiatan tahunan yang diselenggarakan langsung oleh PMI. Sesuai namanya, Jumbara ini bertujuan untuk memperkuat solidaritas dan menambah relasi antar anggota PMR Wira dan Madya  se-kabupaten atau kota melalui kegiatan perkemahan dan travelling kepalangmerahan. Tahun ini, Jumbara dilaksanakan di lapangan belakang MAN 2 Kota Kediri pada Sabtu dan Minggu (24-25/9/2022).

MAN 2 Kota Kediri Sambut Baik Kunjungan dan Pembinaan Ditjen Pendis Kemenag RI

Jum’at, 23 September 2022 MAN 2 Kota Kediri kedatangan tamu istimewa, yakni Bapak Dr. Muhammad Zain, M.Ag. selaku Direktur GTK Ditjen Pendis Kemenag RI dan Bapak Prof. Dr. M. Ali Ramdhani, M.T. selaku Ditjen Pendis Kemenag RI. Kunjungan kali ini sekaligus pembinaan berupa motivasi dan apresiasi untuk semua bapak ibu guru MAN 2 Kota Kediri.

MAN 1 Jember Studi Tiru di MAN 2 Kota Kediri

Studi tiru merupakan kegiatan yang dilakukan oleh kelompok tertentu untuk mengunjungi suatu tempat yang sudah disiapkan dan berlangsung dalam waktu relatif singkat. Diantara salah tujuannya adalah untuk mengetahui secara langsung kondisi obyek studi di tempat lain dengan kondisi yang ada di tempat sendiri. Pada hari Selasa, tanggal 20 September 2022, MAN 2 Kota Kediri kedatangan