MAN 2 Kota Kediri, Madrasah Bersejarah yang Tak Henti Ukir Sejarah

Enam tahun menjaga konsistensi bukanlah perkara mudah. Namun, hal tersebut menjadi mungkin jika sebuah instansi pendidikan dipegang oleh pemimpin yang tepat. 17 November 2016 menjadi awal perjuangan MAN 2 Kota Kediri. Di waktu yang bersamaan, Drs. Nursalim, M.Pd.I mendapat amanah baru sebagai Kepala MAN 2 Kota Kediri.

Bermula dari Surat Keputusan Menteri Agama RI No. 673 Tahun 2016, berisi perubahan nama 83 MAN di Jawa Timur. Salah satunya nama MAN 3 Kediri menjadi MAN 2 Kota Kediri. Bagi Nursalim, membangun madrasah dengan nama baru bagaikan selembar kertas kosong. Menggores tinta emas atau merah itu adalah pilihan. “Amanah yang berat, namun saat itu, kami optimis nama MAN 2 Kota Kediri bisa melambung tinggi,” ungkapnya.

Waka Humas MAN 2 Kota Kediri Achmad Zainal Facris, S.Pd menceritakan, MAN 2 Kota Kediri memiliki kisah yang panjang. Merupakan madrasah bersejarah di wilayah karesidenan Kediri khususnya Kota Kediri.

Dalam sejarahnya, madrasah ini awalnya bernama Sekolah Guru Agama Islam Kediri (SGAI). Gedung pertama bertempat di barat alun-alun Kota Kediri (STIT Kediri). Berdiri tahun 1950. Setahun berselang 1951, beralih nama menjadi Pendidikan Guru Agama (PGA) Kediri.

Kemudian pada 1955, PGA berganti nama Pendidikan Guru Agama Pertama Negeri (PGAP Negeri Kediri). Seiring perkembangan, tahun 1960, PGAP Negeri Kediri berubah menjadi PGAN 4 Tahun. Pada 1966, PGAP Negeri Kediri berpindah gedung yang berlokasi di jalan Letjend Suprapto, No. 58, Kota Kediri seluas 3.6 hektar. “Tanah yang kami tempati saat ini,” jelas guru sejarah tersebut.

PGAN 4 Tahun Kediri kemudian beralih menjadi PGAN 6 Tahun pada 25 November 1966. Dibukanya PGAN 6 Tahun di Kediri menjadikan lulusan sebelumnya tak perlu lagi melanjutkan studi ke PGAN 6 Tahun di Malang. Selanjutnya berkembang dan berubah menjadi MTsN Kediri 2 tahun 1978-1990. “Yang sekolah di sini adalah para calon guru agama,” ungkapnya.

Lanjut Fachris, PGAN Kediri berakhir pada tahun 1992. Beralih menjadi Madrasah Aliyah Negeri 3 Kediri. Banyak prestasi yang digapai hingga tembus prestasi tingkat provinsi, nasional bahkan mendelegasikan sejumlah siswa ke ajang Internasional. Pembangunan gedung juga mulai dikembangkan saat itu. “Siswa juga menjadi langganan juara karya ilmiah LIPI,” ujarnya.

Sejarah gemilang ini disempurnakan Nursalim ketika memimpin MAN 2 Kota Kediri. Nursalim terbukti berhasil melanjutkan tonggak prestasi cemerlang yang diwariskan pendahulunya. Bahkan, selama enam tahun menjabat, MAN 2 Kota Kediri sukses mencapai prestasi emas. Berbagai sejarah tercipta. Mengoleksi rata-rata lebih dari 150 penghargaan non akademik di berbagai jenjang setiap tahun.

Dalam bidang akademik, kini MAN 2 Kota Kediri bercokol di peringkat 151 nasional. Posisi 14 regional, 3 MA terbaik Jatim dan ranking 20 MA terbaik nasional Top 1000 LTMPT 2022 SMA/MA seluruh Indonesia. “Alhamdulillah 89 siswa kami lolos SNBP, jumlah ini Insyaallah terbanyak nasional,” ucap Nursalim optimis.

 

Raih Treble Tiket Kedokteran Unair
Sejarah baru tercipta mengiringi momentum Milad ke-6 tahun MAN 2 Kota KediriMadrasah gudanya prestasi tersebut berhasil mengantarkan dua siswa terbaik meraih golden tiket penerimaan mahasiswa baru Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga (Unair) Surabaya. Adalah Alyssa Salsabilla Putri Handika dan Chandra Nur Iman Ardiyan.

Jalur freepass didapat setelah keduanya sukses menjuarai ajang olimpiade kedokteran bergengsi Medical Science and Aplication Competition (Medspin) 2022. Yakni lomba tahunan dari Fakultas Kedokteran Unair untuk para calon dokter muda. Lomba diikuti ratusan peserta SMA/MA pilihan nasional. “Pemenang lomba akan mendapat prioritas jika ingin melanjutkan studi di sana,” ujar Alyssa.

Kesempatan tersebut tak mereka sia siakan. Sebab, keduanya sejak dulu bericita-cita menjadi dokter lulusan kampus bergengsi. Sebelum memastikan beralmamater Unair, Alyssa dan Chandra harus melewati beberapa persyaratan administrasi. Salah satunya mendaftar Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP).

Gel Leadership Hantarkan Prestasi Gemilang
Kepala MAN 2 Kota Kediri Drs. Nursalim, M.Pd.I. punya cara unik dalam membangun manajemen pendidikan di madrasah. Dia menyebutnya ‘Gel Leadership’. Yaitu sebuah pola strategi manajemen yang mengedepankan fleksibilitas dan humanis dalam menghadapi segala kondisi. Yakni selalu adaptif dan inovatif seiring dengan harapan dan tuntutan pasar.

Pola ini sukses ia implementasikan pada kurikulum terbaru. Yaitu kurikulum merdeka. Tak sekedar menerapkan. Lebih dari itu, juga madrasah merdeka mandiri berprestasi. Tidak sebatas pada pembelajaran tetapi juga pembinaan prestasi dan penanaman karakter. “Kami berikan mauidhoh hasanah dan uswah hasanah. Kami lakukan pendekatan dengan hati, kami pandang siswa dengan ainur rahmat dan terus bangun hubungan mahabbah fillah. Dengan mengedepankan akhlak dari setiap guru, pegawai, siswa dan segenap stakeholder kami niatkan ibadah,” tuturnya.

Dari sisi fasilitas MAN 2 Kota Kediri terbilang sangat memadai. Mulai sarana belajar, sarana ibadah, sarana olahraga, perpustakaan, kantor akademik, ruang BK, laboratorium, ruang terbuka hijau, dan sarana penunjang belajar berbasis digital. Setiap sudut madrasah dan ruang kelas terpasang akses poin yang dipastikan berfungsi dengan baik untuk mendukung siswa mengakses informasi dan sumber belajar. “Kenyamanan bagi kami adalah bagian dari kemerdekaan untuk menuju MAN 2 Kota Kediri mandiri berprestasi, ujar tim penyusun regulasi Dirjend Pendis Kemenag RI ini.

Berbagai inovasi pembelajaran telah dilakukan, mulai peningkatan kompetensi guru melalui keterlibatan guru MAN 2 Kota Kediri di program Madrasah  Educational Quality Reform (MEQR). Maupun peningkatan kompetensi internal melalui workshop di madrasah. Inovasi layanan kepada siswa pun terus dilakukan. Misalnya penguatan pembinaan ekstrakurikuler, sosialisasi kampus,  bimbingan masuk PTN, bimbingan literasi Bahaasa Inggris dan penguatan mental.

Dasar inilah yang melatar belakangi Nursalim mencetak prestasi gemilang. Membawanya meraih anugerah Jawa Pos Radar Kediri Awards kategori A Leader with An Excellent Reputation. Serta mendapat amanah posisi strategis di lingkungan Kemenag. Sebagai tim penyusun kurikulum merdeka dan instruktur nasional PKB Kepala Madrasah Dirjen Pendis Kemenag RI dan tokoh revolusi MAN 2 Kota Kediri di hari guru tahun lalu.

 

HUMAS M2KK

Link Berita : https://radarkediri.jawapos.com/kediri-raya/781652672/man-2-kota-kediri-madrasah-bersejarah-yang-tak-henti-ukir-sejarah?page=all

#man2kotakediri

#mantsani

#m2kk

#madrasah

#prestasi

#MadrasahMandiriBerprestasi

#madrasahhebat

#madrasahaliyah

……….

Follow us on :

website : http://www.man2kotakediri.sch.id

Instagram : @man2kotakediri

Facebook : MAN 2 Kota Kediri

Twitter : @man2kotakediri

Youtube : MAN 2 Kota Kediri

……….

 

 

About Author

MAN 2 Kota Kediri

MAN 2 Kota Kediri adalah sekolah setaraf SMA di bawah naungan Kementerian Agama Indonesia yang dulu bernama MAN 3 Kediri. Merupakan Rintisan Madrasah Bertaraf Internasional yang diresmikan tahun 1992 sebelum berganti nama pada tahun 2017.

Related posts

Kegiatan upacara bendera hari senin Keluarga Besar MAN 2 Kota

Kegiatan upacara bendera yang dilaksanakan pada hari senin,19 February 2024 yang di laksanakan di Lapangan Keluarga besar MAN 2 Kota Kediri HUMAS M2KK #man2kotakediri #mantsani #m2kk #madrasah #prestasi #MadrasahMandiriBerprestasi #madrasahhebat #madrasahaliyah ………. Follow us on : website : http://www.man2kotakediri.sch.id Instagram : @man2kotakediri Facebook : MAN 2 Kota Kediri

KAMABIGUS MAN 2 Kota Kediri Lantik 49 Penegak Bantara dalam Perhelatan PHGT 3 Hari

Dewan Ambalan Hasyim As”Ary dan Cutnyakdin Pangkalan MAN 2 Kota Kediri menggelar acara Perhantasika dan Gladi Tangguh (PHGT) selama 3 hari, Jumat hingga Minggu, di lapangan MAN 2 Kota Kediri. Senin(5/2/2024). Meskipun awalnya direncanakan dibuka oleh Bapak Kepala MAN 2 sebagai Kamabigus, namun karena beliau memiliki acara mendadak di Surabaya, acara ini dibuka oleh Ibu