Suasana Haru Peringati Hari Guru di MANTSANI

Tanggal 25 November diperingati sebagai Hari Guru Nasional karena pada tanggal tersebut berdirilah sebuah organisasi guru se-Indonesia yang tak lain adalah Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI). Sehubungan dengan hal tersebut, Pemerintah RI mengesahkan tanggal 25 November sebagai Peringatan Hari Guru Nasional melalui Keputusan Presiden Nomor 78 Tahun 1994.

Di MAN 2 Kota Kediri, pelaksanaan Peringatan Hari Guru pada Kamis, 25 November 2021 berjalan dengan khidmat dan penuh antusias. Acara dimulai dari pelaksanaan apel dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya yang diikuti oleh segenap dewan guru. Dilanjut dengan persembahan video oleh perwakilan para murid mulai dari kelas 10, 11 hingga 12. Video yang berisi harapan, pesan, dan juga pengakuan dari murid kepada guru mengundang gelagak tawa serta tangis haru para guru.

Acara bersambung dengan pembacaan puisi yang berjudul “Matahari di Hatiku” karya Laily Shofa. Pembawaan puisi ini diiringi dengan lantunan hymne guru yang dibawakan oleh tim Paduan Suara Kesenian Mantsani. Agenda selanjutnya merupakan pemberian bunga dari siswa-siswi kepada bapak ibu guru tercinta. Pemberian bunga ini sebagai bentuk penghormatan dan tanda cinta para siswa terhadap para guru. Perasaan tersentuh serta haru memenuhi suasana ruangan pada pagi itu.

Tepat setelahnya, tibalah saat yang paling dinantikan, yaitu pembacaan nominasi Guru Inspiratif dan Berprestasi Tahun 2021. Berikut merupakan daftar guru yang masuk dalam nominasi tersebut:

  1. Arisy Edwin Junaidah, S.Pd.
  2. Ummi Habibah, S.Pd.
  3. Nining Niswati, S.S., M.A.
  4. Dewi MKA, S.Pd.
  5. Agustin Wilujeng, S.Kom.
  6. Zitni Rahmawati, M.Pd.
  7. Milatul Maftuchah, Lc., M.Pd.I.

“Saya sebenarnya merasa malu kok bisa terpilih menjadi guru inspiratif dan berprestasi. Saya sebagai jembatan mengantarkan dan mengarahkan anak-anak untuk mencapai apa yang mereka ingin. Saya merasa belum pantas untuk menjadi seseorang yang berprestasi dan menginspirasi banyak orang. Tapi saya juga enggak tahu karena anak-anak yang lebih tahu apa yang ibu lakukan,” ungkap Bu Milatul Maftuchah, Lc., M.Pd.I. selaku nominasi Guru Inspiratif dan Berprestasi Tahun 2021.

Tak hanya itu, para murid juga ikut serta memberikan apresiasi kepada Guru dan Kepala TU purna tugas sebagai berikut:

  1. Sukarno, S.Pd.I
  2. Binti Munawaroh, S.Ag.

Menariknya, salah satu di antara dua orang yang purna ternyata baru mengabdi 5 tahun di Madrasah ini yakni Bapak Sukarno, S.Pd.I. Ketika beliau ditanyai oleh tim Pers Jurnalistik mengenai hal yang berkesan selama di MAN 2 Kota Kediri beliau menuturkan, “Yang terkenang di MAN 2 Kota Kediri, yaitu pada saat awal masuk ke MAN 2 saya masih takut, namun ternyata setelah betul-betul masuk kelihatannya baik-baik saja. Bahkan banyak yang dilakukan oleh Pak Nursalim dan kawan-kawan, seperti merubah rotasi dan mengatur kegiatan di Madrasah. Yang paling berkesan, ternyata teman-teman sangat mendukung dan kompak dengan pekerjaan-pekerjaan yang terkait dengan KTU.”.

Sehubungan dengan acara ini, Bapak Nursalim selaku Kepala Madrasah turut menyampaikan pesan kepada warga MAN 2 Kota Kediri, “Jadilah guru yang terbaik atau tidak sama sekali. Karena guru yang baik akan memberikan motivasi, inspirasi, dan penuntun pada anak-anak, tapi guru-guru yang tidak baik, seperti yang Rasulullah katakan, bahwasannya akan menyesatkan anak-anak. Mereka waktunya tambah, usianya tambah, ilmunya juga harus tambah.  Mereka butuh pengetahuan tentang bina, percakapan sikap untuk hari-hari depan mereka, kalau mereka tidak mendapatkan sesuatu yang baik yang diberikan oleh bapak ibu guru, mereka akan mengalami kerugian. Mungkin secara materi bisa dibeli tetapi soal waktu, siapa yang sanggup membayar waktu 24 jam.  Sejauh mana kita bisa memanfaatkan waktu itu dan ketika anak-anak bergulat dengan waktu dan guru-guru kita memberikan kontribusi yang positif maka akan bernilai positif bagi anak-anak.  Apresiasi anak-anak merupakan apresiasi yang polos, yang tidak bisa direkayasa.” Selamat hari Guru Bapak Ibu, jasamu kan selalu terkenang, tak lekang oleh waktu.

#man2kotakediri
#mantsani
#m2kk

About Author

MAN 2 Kota Kediri

MAN 2 Kota Kediri adalah sekolah setaraf SMA di bawah naungan Kementerian Agama Indonesia yang dulu bernama MAN 3 Kediri. Merupakan Rintisan Madrasah Bertaraf Internasional yang diresmikan tahun 1992 sebelum berganti nama pada tahun 2017.

Related posts

SIDANG KELULUSAN SISWA KELAS XII TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Assalamualaikum Alhamdulillah Puji syukur atas kehadirat Illahi robbi atas berjuta anugrah tak terbatas…sehingga pada pagi hari ini bisa bersama melaksanakan tugas sebagaimana biasa Sholawat wa salamuhu semoga senantiasa tercurah pada junjungan nabi Muhammad SAW dan semoga kelak kita mendapatkan syafaat nya…amin Hari Senin 28 April 2022 Pukul 16.00 WIB di MAN 2 Kota Kediri melaksanakan

MAN 2  Kota Kediri Goes to SSC, Sragen – Surakarta Bercerita

Kegiatan belajar siswa selama masa pandemi memang di luar kebiasaan. Semua siswa yang seharusnya masuk sekolah, terpaksa  harus bergiliran 50% dengan temannya. Pembelajaran online dan offline menjadi trend saat ini. Namun hal ini tidak menyurutkan semangat para guru dan siswa untuk mensiasati pembelajarn supaya berkualitas dan tetap fun.  Salah satu ide cerdas adalah diadakan