Perkemahan Ilmiah Remaja (PIR) Regional Kediri Raya

Tingkatkan Riset Inovasi Talenta Muda Melalui PIR Regional di Kediri
Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) bekerja sama dengan MAN 2 Kota Kediri dan MTsN 2 Kota Kediri Jawa Timur menggelar Perkemahan Ilmiah Remaja (PIR) Regional Kediri Raya, 20 – 24 Mei 2022 bertempat di MAN 2 Kota Kediri. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan literasi ilmiah remaja Indonesia.

Ajang ini diikuti oleh peserta sebanyak 92 orang terdiri dari 30 siswa Kelas saintek/ IPATek , 30 siswa Kelas soshumKeag/ IPSK dan 32 peserta Kelas Guru yang berasal dari Kediri Raya, Jawa Tengah, DIY, Jember dan Magetan.
Kegiatan ini dilaksanakan secara luring di MAN 2 Kota Kediri atau tatap muka setelah tahun lalu diadakan secara daring. Kegiatan ini dilaksanakan untuk meningkatkan kapasitas rema}ja dan guru pembimbing di bidang riset dan inovasi sehingga PIR ini dirancang lebih maksimal , efektif, menarik, atraktif dan mendapatkan fasilitas pembelajaran mengenai riset secara lengkap.

Direktur Manajemen Talenta, Raden Arthur Ario Lelono, saat membuka acara PIR Kediri di MAN 2 Kota Kediri menyampaikan bahwa ajang PIR merupakan bagian pembibitan talenta muda Indonesia di bidang riset dan inovasi diharapkan ke depannya sains dan teknologi merupakan bagian dari pengambil kebijakan(policy maker) dari segala aspek pembangunan. Sustainable development goals and Science based on policy. Sebagai landasan utama menyiapkan Sumber Daya Manusia yang berkompeten dan unggul di bidang tersebut. Pemerintah mengapresiasi antusiasme dan komitmen masyarakat Indonesia yang menggunakan riset dan inovasi sebagai metode ilmiah untuk pemecahan masalah.

Beliau juga menyampaikan, beberapa hal menarik terkait riset talenta muda salah satunya adalah bahwa peserta terbaik dari PIR ini akan diikutsertakan dalam Pekan PIRN (nasional) di Lombok nanti, tren penelitian remaja hingga program lanjutan pembinaan SDM dari Direktorat Manajemen Talenta BRIN.
Kegiatan selama empat hari ini akan memberikan pengayaan, pelaksanaan riset inovasi di lapangan serta pembuatan laporan dan presentasi penelitian. Beragam lokasi penelitian dari wilayah UMKM Sentra Tenun, Industri makanan (sentra pabrik tahu), hutan edukasi tanaman obat hingga desa mitigasi bencana gunung berapi di Desa Sugihwaras gunung Kelud menjadi lokasi penelitian menarik bagi peserta.
Sesudah peserta PIR mengadakan observasi lapangan di berbagai daerah , kegiatan dilanjutkan dengan uji laboratorium untuk peserta saintek. Kegiatan ini dilakukan di laboratorium kimia , fisika dan biologi MAN 2 Kota Kediri. Sedangkan peserta soshum melanjutkan kegiatan olah data dan analisis data.
Tahapan berikutnya adalah penyusunan laporan karya ilmiah dan presentasi . Salah satu peserta terbaik adalah Maylani siswi XS4 MAN 2 Kota Kediri sehingga dia berhak mengikuti PIRN di lombok. Perkemahan ini ditutup dengan malam inagurasi adalah ajang mempersembahkan tampilan terbaik dr para peserta perkemahan baik kelas siswa ataupun guru.
Walikota Kediri yang kali ini diwakili oleh Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Bapak Moh. Fery Jatmiko, S.S, mengatakan, selain pengembangan kapasitas diri, maka terobosan yang diraih harus mampu diimplementasikan dalam memajukan dan mengembangkan UMKM daerah masing-masing yang saat ini bersaing dengan produk luar negeri. “Saya berterima kasih kepada BRIN untuk memberikan semangat dan peluang bagi adik-adik dalam melakukan riset. Semoga kegiatan-kegiatan Direktorat Manajemen Talenta menjadi gayung bersambung dari ide-ide generasi muda,”kata Fery.

About Author

MAN 2 Kota Kediri

MAN 2 Kota Kediri adalah sekolah setaraf SMA di bawah naungan Kementerian Agama Indonesia yang dulu bernama MAN 3 Kediri. Merupakan Rintisan Madrasah Bertaraf Internasional yang diresmikan tahun 1992 sebelum berganti nama pada tahun 2017.

Related posts

MAN 2 Kota Kediri Menggelar English Week

Memotivasi siswa untuk belajar Bahasa Inggris, MAN 2 Kota Kediri Menggelar English Week MAN 2 Kota Kediri kembali adakan English Week pada Senin (20/6) sampai Jumat (24/6) setelah vakum selama dua tahun akibat pandemi Covid-19. Kegiatan yang diikuti oleh seluruh siswa kelas 10 ini berkolaborasi dengan mahasiswa dari IAIN Kediri. Terdapat kurang lebih dua puluh

Medali Emas dalam Kompetisi Sains Muslim Indonesia (KOSSMI) Bidang Kimia

INFO PRESTASI ا لسَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُاللهِ وَبَرَكَاتُهُ Bapak Kepala Madrasah memberikan apresiasi yang tinggi kepada Pembina (Ibu Arisy Erwin Junaidah, M.Pd) dan semua pihak yang terkait dengan prestasi siswa MAN 2 Kota Kediri atas raihan: MEDALI EMAS Atas nama : Chandra Nur Iman Ardiyan (XI MIPA 2). Dalam Kompetisi Sains Muslim Indonesia (KOSSMI) Bidang Kimia