MAN 1 Jember Studi Tiru di MAN 2 Kota Kediri

Studi tiru merupakan kegiatan yang dilakukan oleh kelompok tertentu untuk mengunjungi suatu tempat yang sudah disiapkan dan berlangsung dalam waktu relatif singkat. Diantara salah tujuannya adalah untuk mengetahui secara langsung kondisi obyek studi di tempat lain dengan kondisi yang ada di tempat sendiri. Pada hari Selasa, tanggal 20 September 2022, MAN 2 Kota Kediri kedatangan tamu dari perwakilan MAN 1 Jember untuk melaksanakan kegiatan studi tiru.

Kegiatan studi tiru yang dilakukan MAN 1 Jember di MAN 2 Kota Kediri tentu memiliki alasan. Seperti yang dituturkan oleh Bapak Drs. Dardiri, M.Pd.I, kedatangan pihak MAN 1 Jember adalah untuk menjalin silaturahmi antar sesama madrasah. Selain itu, MAN 2 Kota Kediri juga memiliki pesona yang tidak dimiliki oleh madrasah lain. Di bawah kepemimpinan Bapak Nursalim, M.Pd.I, madrasah ini  menerapkan penddikan karakter kepada anak didik, yaitu keteladanan dan bimbingan mauidzah hasanah melalui kepala madrasah dan guru yang memberikan contoh baik sehingga siswa dan siswi termotivasi. Selain itu, MAN 2 Kota Kediri memiliki segudang prestasi yang menjadikan inspirasi madrasah lain. Hal yang menarik perhatian dari MAN 2 Kota Kediri menurut MAN 1 Jember adalah program sekolah yang dinilai dapat meningkatkan prestasi siswa dan fasilitas yang ada di dalamnya.

MAN 1 Jember menganggap bahwa MAN 2 Kota Kediri layak dijadika tempat rujukan studi tiru karena memiliki segudang prestasi. Hal ini dibuktikan dengan MAN 2 Kota Kediri yang meraih peringkat 6 madrasah aliyah terbaik versi LTMT tahun 2022. MAN 2 Kota Kediri memiliki aspek yang dapat menjadi motivasi untuk madrasah lain diantaranya siswa dibimbing dengan pola leadership dan manajemen yang baik sehingga siswa-siswi MAN 2 Kota Kediri dapat mengukir prestasi yang sangat luar biasa. Tentu, selain pola leadership yang diajarkan kepada siswa, masih banyak faktor lain di antaranya kurikulum yang diajarkan serta pengelolaan kesiswaan yang diterapkan.

Kedatangan tamu dari MAN 1 Jember ini disambut dengan baik oleh seluruh warga MAN 2 kota Kediri. “Saya menyambut positif, artinya apa-apa yang kita punya akan dikembangkan di sana dan itu insyAllah akan menjadi amal jariyah untuk keluarga besar MAN 2 Kota Kediri,” ungkap Drs. H. Nursalim, M.Pd.I. selaku kepala madrasah MAN 2 Kota Kediri.

Selain membangun relasi dari kedua pihak, sekolah juga mendapat manfaat dari berbagi informasi tentang keunggulan masing-masing sekolah yang nantinya akan membangun dan menjadi contoh sekolah penggerak yang lebih baik. MAN 2 Kota Kediri berharap semua yang telah dilakukan untuk kemajuan MAN 1 Jember akan membuahkan hasil dan menjadi contoh bagi sekolah lain. Pada kegiatan ini, dilaksanakan pemaparan program kerja masing-masing dan sesi  tanya jawab antara guru  MAN 2 Kota Kediri dan MAN 1 Jember yang hadir. Kegiatan berjalan lancar, kedua belah pihak saling berbagi pendapat dan pikiran untuk menambah pengetahuan semua pihak. Dengan melakukan studi tiru ini, kami berharap dapat mengembangkan hubungan yang lebih luas dan meningkatkan kinerja  masing-masing sekolah.

Humas M2KK

Kontributor : Azizah/Princessa/An Nisaau/Azza/Titis/Rida/Zifa

#man2kotakediri
#mantsani
#m2kk

……….

Follow us on :
website : http://www.man2kotakediri.sch.id
Instagram : @man2kotakediri
Facebook : MAN 2 Kota Kediri
Twitter : @man2kotakediri
Youtube : MAN 2 Kota Kediri
……….

About Author

MAN 2 Kota Kediri

MAN 2 Kota Kediri adalah sekolah setaraf SMA di bawah naungan Kementerian Agama Indonesia yang dulu bernama MAN 3 Kediri. Merupakan Rintisan Madrasah Bertaraf Internasional yang diresmikan tahun 1992 sebelum berganti nama pada tahun 2017.

Related posts