MAN 2 Kota Kediri Gelar Apel Besar Peringatan Hari Santri Tahun 2023

Minggu, 22 Oktober 2023 MAN 2 Kota Kediri kembali gelar apel besar peringatan Hari Santri yang berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Kali ini, MAN 2 Kota Kediri menjadi tuan rumah apel besar peringatan Hari Santri yang diikuti oleh seluruh instansi, guru, dan siswa yang di bawah naungan Kementrian Agama Kota Kediri. “Jihad Santri, Jayakan Negeri” merupakan tema Peringatan Hari Santri pada tahun ini. Bapak Moh. Qoyyim, S.Ag. M.Fil.I. Kepala Kementerian Agama Kota Kediri selaku inspektur apel, mengatakan bahwa tema ini menginspirasi perjuangan menegakkan kemerdekaan Indonesia yang tak lepas dari jasa para santri. Kedepannya, santri juga akan bergabung dengan masyarakat dan menjadi pembangun negara kita. Karena santri tidak hanya dibekali ilmu agama, tetapi  juga pengetahuan lain seperti ilmu yang dituangkan pada resolusi jihad pada negara kita. Oleh karenanya, peran santri sangat penting dan dibutuhkan.

Apel Peringatan Hari Santri ini dibuka dengan lantunan lagu Yalal Wathon yang dibawakan oleh perwakilan Banjari, Paduan Suara Kesenian, serta iringan dari Drumband MAN 2 Kota Kediri. Rangkaian acara apel berjalan dengan lancar dan penuh khidmad. Dalam amanatnya, Bapak nomor satu di lingkungan departemen agama kota Kediri memaparkan perjuangan dan jihad santri dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Beliau juga menyampaikan rasa bangganya terhadap pihak MAN 2 Kota Kediri yang telah mempersiapkan acara pada hari ini dengan istimewa sehingga membawa nama harum Kementerian Agama Kota Kediri. Bapak Qayyim berharap untuk seluruh santri di Kota Kediri agar terus memaksimalkan potensi diri untuk pribadi dan untuk perjalanan kedepannya. “Semangat! Jangan sampai patah arah gara-gara ilmunya terlalu berat sehingga semangatnya kendor. Negara butuh kalian semua. Maka bersemangatlah dari bidang yang kalian suka,” tambahnya.

Acara dilanjutkan dengan penampilan tari kolosal zapin dari para siswa MAN 2 Kota Kediri yang disambut meriah oleh seluruh peserta apel. Acara ditutup dengan pembukaan Scooter Touring yang akan melaksanakan ziarah makam para kiai di Kota Kediri. Scooter Touring sendiri diberangkatkan langsung oleh Wali Kota Kediri, Bapak Abdullah Abu Bakar.

Bapak Nursalim selaku Kepala MAN 2 Kota Kediri sebagai tuan rumah acar apel, melakukan berbagai kolaborasi dengan banyak pihak seperti Bapak/Ibu Wakil kepala, Bapak/Ibu guru, pegawai, pekerja madrasah, Osis, MPK, Drumband, Banjari, dan lainnya dalam persiapan acara pada hari ini. Menurut Bapak Nursalim, tujuan diadakannya peringatan Hari Santri ini adalah untuk mengambil pelajaran tentang nilai-nilai dari perjuangan para ulama dan para santri dengan pemandu jihad yang dikumandangkan oleh KH Hasyim Asy’ari untuk menjaga NKRI. Beliau juga menambahkan akan harapannya agar seluruh peserta yang ikut serta dalam acara apel besar peringatan Hari Santri 2023 dapat terinspirasi dan termotivasi oleh amanat yang disampaikan oleh pembina apel.

 

HUMAS M2KK

 

#man2kotakediri
#mantsani
#m2kk

#madrasah

#prestasi

#MadrasahMandiriBerprestasi

#madrasahhebat

#madrasahaliyah

……….

Follow us on :
website : http://www.man2kotakediri.sch.id
Instagram : @man2kotakediri
Facebook : MAN 2 Kota Kediri
Twitter : @man2kotakediri
Youtube : MAN 2 Kota Kediri
……….

 

Kontributor :

Ekstrakurikuler Jurnalis :

Fio XI MIPA 2 / Isna XI MIPA 2 / Amelia XI IPS 4 / Zami XI AGAMA / Runa XI BAHASA

Pembina : Ibu ifah Suliha, M.Pd.

 

About Author

MAN 2 Kota Kediri

MAN 2 Kota Kediri adalah sekolah setaraf SMA di bawah naungan Kementerian Agama Indonesia yang dulu bernama MAN 3 Kediri. Merupakan Rintisan Madrasah Bertaraf Internasional yang diresmikan tahun 1992 sebelum berganti nama pada tahun 2017.

Related posts