MAN 2 Kota Kediri Gelar Upacara Dan Pentas “Teatrikal 10 November 1945”

Jumat, 10 November 2023 telah dilaksanakan upacara Peringatan Hari Pahlawan ke-78. Upacara dilaksanakan pukul 07.00 WIB dan berakhir pukul 08.00 WIB, bertempat di lapangan belakang MAN 2 Kota Kediri, upacara ini diikuti oleh seluruh warga MAN 2 Kota Kediri, mulai dari Kepala Madrasah, jajaran waka, para dewan guru dan karyawan serta seluruh siswa-siswi. Pembina upacara hari sumpah pemuda tahun ini yakni Bapak Nur Nur Hamim, M.Pd. Setelah upacara, peserta upacara disuguhi penampilan “Teatrikal 10 November 1945” oleh OSIS dan ekstra MAN 2 Kota Kediri. Pentas kolosal tersebut menceritakan peristiwa perobekan warna biru pada bendera Belanda yang berkibar di Hotel Yamato pada tanggal 19 September 1945 dan pertempuran besar antara pihak tentara Indonesia dan pasukan Inggris.

Antusias peserta upacara untuk menyaksikan penampilan tersebut sangat tinggi, terbukti dengan banyaknya peserta yang mengambil foto dan dokumentasi untuk mengabadikan momen langka tersebut. Para pemain juga memerankan tokoh mereka dengan sangat bagus, sehingga pentas pentas “Teatrikal 10 November 1945” tersebut berhasil memukau penonton. Amelia Putri Thalita dari kelas XI IPS 4 adalah ketua panitia dari pementasan teater yang ditampilkan ini, Amelia menyampaikan dengan bahwa pementasan tersebut dapat membangkitkan semangat para warga madrasah untuk meneladani para pahlawan dilihat dari reaksi warga madrasah yang ikut bersorak semangat ketika teater itu ditampilkan.

Kepala Madrasah MAN 2 Kota Kediri yakni Bapak Nursalim juga menyampaikan cara menerapkan sikap bela negara dalam era siswa/i yang sulit diatur, warga madrasah dapat meneladani sikap seorang pahlawan secara normatik seperti nilai nasionalisme dan patriotisme. Nilai-nilai tersebut dapat ditanamkan kepada siswa/i melalui kegiatan pembelajaran dengan ikhlas dan juga mengikuti pembelajaran ekstrakurikuler. Selanjutnya beliau akan memberi bimbingan dengan mencontohkan perilaku baik  yang membuat sumber daya manusia semakin hari semakin bagus dan siap berkompetisi secara norma. Dengan menanamkan nilai-nilai itu kepada siswa melalui berbagai macam kegiatan, seperti melaksanakan upacara bendera pada hari pahlawan untuk mengenang para pahlawan yang telah gugur mendahului kita.

Rangkaian upacara dan pentas teatrikal 10 November  hari ini diharapkan dapat membangkitkan  rasa menghargai jasa para pahlawan dengan cara berperilaku baik dan selalu menjaga nama baik bangsa dan negara.

 

HUMAS M2KK

 

#man2kotakediri
#mantsani
#m2kk

#madrasah

#prestasi

#MadrasahMandiriBerprestasi

#madrasahhebat

#madrasahaliyah

……….

Follow us on :
website : http://www.man2kotakediri.sch.id
Instagram : @man2kotakediri
Facebook : MAN 2 Kota Kediri
Twitter : @man2kotakediri
Youtube : MAN 2 Kota Kediri
……….

 

Kontributor :

Ekstrakurikuler Jurnalis :

Kamel S4/ Sherly XI Bahasa/Intan X-9/Shinta X-11/Dwitta X-10

Pembina : Ibu ifah Suliha, M.Pd.

 

About Author

MAN 2 Kota Kediri

MAN 2 Kota Kediri adalah sekolah setaraf SMA di bawah naungan Kementerian Agama Indonesia yang dulu bernama MAN 3 Kediri. Merupakan Rintisan Madrasah Bertaraf Internasional yang diresmikan tahun 1992 sebelum berganti nama pada tahun 2017.

Related posts