MAN 2 Kota Kediri Sukses Jadi Tuan Rumah PIR Regional Kediri Raya

KOTA, JP Radar Kediri – Madrasah Aliyah Negeri Kota Kediri menjalin sinergi akademik bersama Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN). MA terbaik di Kediri itu, ditunjuk sebagai penanggung jawab dan tuan rumah di pekan akbar Perkemahan Ilmiah Remaja (PIR) Regional Kediri Raya 2022 (20/5).

 Kegiatan PIR berlangsung semarak. Selama lima hari berturut-turut peserta aktif mengikuti seluruh rangkaian acara. Peserta meliputi jajaran guru dan siswa seluruh Indonesia. Diikuti total 90 peserta. 60 siswa Mts dan MA sederajat dan 30 tenaga pendidik. “Peserta tak cuma dari Kediri Raya, ada juga Jember dan Pati,” ungkap Achmad Zainal Facris, S.Pd, Pengarah Kegiatan PIR 2022.

Selama kegiatan, peserta dibekali rutinitas keilmiahan. Para siswa dibimbing dan diarahkan menanamkan sikap perilaku kritis. Ada tiga output yang diajarkan. Yakni membangun pola pikir ilmiah, merangsang rasa keingintahuan dan pola pendekatan ilmiah. “Bekal ini sangat penting agar remaja bisa menumbuhkan kemandirian kritis dalam pemecahan masalah di kehidupan sehari-hari,” ucap guru sejarah MAN 2 Kota Kediri itu.

 Acara semakin berkesan, karena dihadiri langsung Direktur Manajemen Talenta Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Raden Arthur Ario Lelono, Ph.D, sebagai pembuka PIR. Serta menggandeng tiga pemateri berpengalaman bidang riset. Yaitu, Instruktur Guru, Dr. Sukma Surya Kusumah S.Hut, M.Si. Instruktur Siswa IPATek, Dr. Didik Tarmadi dan Instruktur Siswa IPSK, Dr. Ahmad Helmy Fuady.

Selaras dengan itu, Kepala MAN 2 Kota Kediri, Drs. Nursalim, M.Pd.I mengungkapkan, Madrasah asuhannya berkesempatan mengirim dua kontingen mengikuti PIR Nasional 2022. Mereka adalah Maylani Rahma Purwanti dan Wildan Abdil Farel. PIR Nasional diagendakan berlangsung di Lombok pada 15-17 Juni 2022. “Alhamdulillah, MAN 2 Kota Kediri semakin memantapkan diri sebagai madrasah pelopor research nasional,” tuturnya.

Sumber : https://radarkediri.jawapos.com/kediri-raya/pendidikan/01/07/2022/man-2-kota-kediri-sukses-jadi-tuan-rumah-pir-regional-kediri-raya/

 

#man2kotakediri
#mantsani
#m2kk

……….

Follow us on :
www : http://www.man2kotakediri
Instagram : @man2kotakediri
Facebook : MAN 2 Kota Kediri
Twitter : @man2kotakediri
Youtube : MAN 2 Kota Kediri
……….

About Author

MAN 2 Kota Kediri

MAN 2 Kota Kediri adalah sekolah setaraf SMA di bawah naungan Kementerian Agama Indonesia yang dulu bernama MAN 3 Kediri. Merupakan Rintisan Madrasah Bertaraf Internasional yang diresmikan tahun 1992 sebelum berganti nama pada tahun 2017.

Related posts