Upacara Hari Sumpah Pemuda Penuh Makna di MAN 2 Kota Kediri

(m2kk) Hari ini, tepatnya hari Jumat tanggal 28 Oktober 2022 adalah hari yang istimewa. Pada hari ini, puluhan tahun yang lalu, para pemuda Indonesia telah mengucapkan ikrar yang membahana hingga ke dasar sanubari kita. Hari itu kita kenang dengan hari Sumpah Pemuda. Ikrar yang mereka ucapkan saat itu adalah:

Kami putra dan putri Indonesia, mengaku bertumpah darah yang satu, tanah air Indonesia.

Kami putra dan putri Indonesia, mengaku berbangsa yanng satu, bangsa Indonesia.

Kami putra dan putri Indonesia menjunjung bahasa persatuan, Bahasa Indonesia.

 

Tahun 2022 ini merupakan peringatan hari Sumpah Pemuda yang ke-94. Sumpah Pemuda adalah janji untuk menegakkan cita-cita Tanah Air Indonesia, bangsa Indonesia, dan juga Bahasa Indonesia. Maka dari itu, kita sebagai pemuda pemudi Indonesia harus menghormati keputusan tersebut. Salah satu caranya adalah dengan menyelenggarakan upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda.

Upacara bendera untuk memperingati hari Sumpah Pemuda di MAN 2 Kota Kediri diselenggarakan di lapangan belakang. Upacara dimulai pada pukul 07.00 WIB. Seluruh warga madrasah berbaris dengan mengenakan baju seragam pramuka lengkap. Siswa-siswi MAN 2 Kota Kediri mereka senang dan menyambut dengan hangat hari bersejarah bagi Indonesia ini.

Tema peringatan Hari Sumpah Pemuda pada tahun ini adalah bersatu bangun bangsa. Kepala MAN 2 Kota Kediri, Bapak Drs. H. Nursalim M.Pd, bertindak sebagai pembina upacara. Dalam amanatnya, ada tiga poin penting yang beliau sampaikan. Poin pertama, kita harus mempertahankan budaya dan tradisi yang ada, agar tidak luntur apalagi sampai hilang. Lalu poin kedua mencangkup generasi muda sebagai penerus bangsa, dan poin terakhir yang beliau sampaikan adalah apa yang sudah menjadi milik negara, harus diteruskan. Jangan sampai terkena penjajahan.

Pada agenda kali ini, Bapak  Drs. H. Nursalim M.Pd memaknai  hari Sumpah Pemuda adalah harinya anak-anak atau  pemuda-pemudi dan merupakan momentum untuk mengenang dan menjaga sumpah pemuda kita. Di era global yang masif sepeti ini, menjaga kesatuan, persatuan baik itu tanah air, bangsa maupun Bahasa, adalah keniscayaan yang tidak bisa kita hindarkan. Maka dari itu harus kita hadirkan sosok-sosok pemuda yang kompeten, kompetebel, tanggung jawab, jujur, cinta tanah air. Beliau juga menyisipkan pesan, yaitu “pahami, resapi, jaga, amalkan nilai nilai yang ada pada sumpah pemuda, karena itu akan menjadi pilar kita di era global saat ini”

Upacara peringatan hari Sumpah Pemuda di MAN 2 Kediri hari ini sangat bermakna dan membekas dalam hati semua siswa. Memang sepatutnya para pemuda pemudi Indonesia bangga dengan adanya agenda acara peringatan hari Sumpah Pemuda. Para pemuda selaku generasi bangsa juga harus menerapkan apa saja yang ada dalam kandungan Sumpah Pemuda.

Pesan dan harapan untuk siswa MAN 2 Kota Kediri dari agenda ini adalah teruslah berjuang untuk bisa memberikan prestasi yang lebih baik dan berharga serta bisa lebih mengimplementasikan sikap-sikap para pemuda pemudi dahulu yang bisa memajukan Indonesia sampai seperti ini. Dan semoga tetap jaya siswa siswi MAN 2 Kota Kediri, tetap mengukir prestasi untuk melanjutkan perjuangan para memuda pemudi terdahulu.

 

HUMAS M2KK

Kontributor : Ekstrakurikuler Jurnalis :

Rumaisha Raihana Zahra, X6

Pembina : Ibu ifah Suliha, M.Pd.

 

#man2kotakediri
#mantsani
#m2kk

……….

Follow us on :
website : http://www.man2kotakediri.sch.id
Instagram : @man2kotakediri
Facebook : MAN 2 Kota Kediri
Twitter : @man2kotakediri
Youtube : MAN 2 Kota Kediri
……….

About Author

MAN 2 Kota Kediri

MAN 2 Kota Kediri adalah sekolah setaraf SMA di bawah naungan Kementerian Agama Indonesia yang dulu bernama MAN 3 Kediri. Merupakan Rintisan Madrasah Bertaraf Internasional yang diresmikan tahun 1992 sebelum berganti nama pada tahun 2017.

Related posts