third prize Global Youth Science and Technology Bowl (GYSTB) 2020 Hongkong

Bismillahirrahmanirrahim.
Assalamu’alaikum wr. wb.

Berdasarkan keputusan juri Global Youth Science and Technology Bowl (GYSTB) 2020 Hongkong pada saat hari sabtu 1 Agustus 2020 yang lalu. Alhamdulillah anak kita dari MAN 2 Kota Kediri mendapat juara “third prize”. Mewakili tim panitia dan peserta kami menghaturkan beribu-ribu terima kasih yang tiada terhingga, terutama Bapak Drs. H. Nursalim M. Pd.I (Kepala Madrasah) sebagai front leader tim panitia yang memberikan totality support. Bapak/Ibu WAKA, Bapak/Ibu PA, alumni  thanks atas dukungan polling nya. Tim IT atas dukungan technology nya. Bapak/Ibu guru semuanya. Semoga dukungan kita menjadikan amal ibadah kita semuanya. Amin.

Terima kasih Bapak A. Zaenal Fachris,S.Pd. dan Ibu RR Dewi Masithoh, S.Pd. beserta tim pendukung (Bu Nurul Muda Wamah, S.Pd., P. Arif dan Mas Abi) atas kerja samanya untuk mendukung anak-anak dalam kompetisi karya ilmiah internasional “GYSTB” dan Selamat atas prestasi yang diraih. Semoga barokah dan disusul prestasi-prestasi berikunya. Aamiin….

Wasssalamu’alaikum wr. wb

Kediri (Kemenag) —  Tiga siswa MAN 2 Kota Kediri Jawa Timur unjuk prestasi di ajang Global Youth Science and Technology Bowl (GYSTB) 2020. Mereka adalah Aqsa Aufa Syauqi Sadana, Muhamad Rijal Firdaus dan Azzahra Fitri Videyarani.

Ketiganya meraih adalah Third Prize (Juara III) pada event yang diselenggarakan oleh Hongkong Federation Youth Group.

GYSTB adalah ajang kompetisi sains dan inovasi karya ilmiah tingkat internasional. Event ini diikuti oleh ilmuan muda se-dunia. Setelah melalui seleksi yang panjang, terpilihlah 100 peserta dari berbagai negara termasuk Indonesia, Filipina, Hongkong, Thailand, China, Singapura, Malaysia, Korea, Turki, Irian, Africa, Eropa dan Rusia.

Karena pandemi Covid-19, kompetisi ini diadakan secara online dengan menggunakan aplikasi Zoom pada 1 Agustus 2020.

Syauqi mengisahkan bahwa masuknya tim MAN 2 Kota Kediri ini melalui seleksi yang  diadakan oleh IYSA. IYSA adalah asosiasi yang menyelenggarakan seleksi tingkat nasional untuk memilih 3 tim terbaik dari Indonesia yang akan berlaga di tingkat Internasional. Tahun ini, terpilih untuk mewakili Indonesia di tingkat internasional adalah  MAN 2 Kota Kediri, SMAN 4 Denpasar, dan MAN Sidoarjo.

“Dalam event internasional tersebut, kami membuat inovasi pelapis material untuk baja karbon dari lempung bentonit yang diharapkan dapat menjadi solusi dalam menghambat terjadinya korosi, khususnya pada dunia industri yang menggunakan baja. Inovasi ini kami beri judul “The Effects of Anti Corrosion Material Coating on Carbon Steel Based on Natural Inhibitors from Bentonite Clay with Matrix Epoxy Resin in Corrosive Mediums,” jelas Syauqi Sadana, Selasa (04/08).

Syauqi Sadana juga mengisahkan bahwa ketika presentasi melalui Zoom, juri mengajukan pertanyaan yang sulit. Namun, pertanyaan itu bisa dijawab oleh mereka.

“Dewan Juri sangat antusias dan mendukung penelitian kami ini. Kelebihan dari penelitian kami adalah pelapisan korosi dengan lempung bentonit merupakan suatu kebaruan sekaligus sebagi upaya pemanfaatan SDA yang melimpah di Indonesia,” ujarnya.

Tidak hanya itu, kata Syauqi, pelapisan korosi dengan lempung bentonit ini telah diuji. Hasilnya, lempung ini terbukti efisien untuk diaplikasikan kepada baja dan dapat diterapkan pada industri perkapalan, jembatan, dan lainnya.

“Alhamdulillah, pada tanggal 3 Agustus 2020 kemarin, diumumkan bahwa karya inovasi kami mendapatkan Third Prize atau juara III,” pungkas Syauqi Sadana.

Selain dari MAN 2 Kediri, MAN Sidoarjo juga mendapatkan penghargaan berupa Honourable Mention. Tim MAN Sidoarjo terdiri atas Muhammad Oktaryanto Ramadhan, Moch. Isabil Liwaq, M. Ivan Nuruddin Ishaq dan Jamal Dwi Atmaja. Tim MAN Sidoarjo mempersembahkan inovasi dengan judul Vastric (Vannam Shrimp For Electric) Control and Monitoring Shrimp Waste’s Bioremediation as Bioelectricity Based on MFCs.

https://kemenag.go.id/berita/read/513806/siswa-man-2-kediri-juara-iii-gystb-hongkong-2020

             

https://ce.hkfyg.org.hk/wp-content/uploads/sites/110/2020/08/PE-Award-list.pdf

https://ccst.hkfyg.org.hk/gystb2020/

 

About Author

MAN 2 Kota Kediri

MAN 2 Kota Kediri adalah sekolah setaraf SMA di bawah naungan Kementerian Agama Indonesia yang dulu bernama MAN 3 Kediri. Merupakan Rintisan Madrasah Bertaraf Internasional yang diresmikan tahun 1992 sebelum berganti nama pada tahun 2017.

Related posts

Perpustakaan MAN 2 Kota Kediri Berikan Layanan Drive Thru di Masa Pandemi Covid 19

Pandemi covid 19 bukanlah halangan bagi Perpustakaan MAN 2 Kota Kediri untuk memberikan pelayanan prima bagi anggotanya. Salah satu upaya yang dilakukan adalah memberikan layanan peminjaman buku dengan drive thru. Tujuannya untuk mempermudah layanan dan meminimkan interaksi antara petugas dengan peminjam buku. Selain buku panduan elektronik, buku cetak tetap diperlukan oleh siswa. Untuk itu, peminjaman

shodaqoh dari Bapak/Ibu Warga MAN 2 Kota Kediri

Assalamualaikum w. w Alhamdulillah shodaqoh dari Bapak/Ibu Warga MAN 2 Kota Kediri dari sebagian rizqi nya InsyaAllah hari ini kita kirimkan ke kantor Kemenag Kota Kediri untuk di tasyarufkan pada yang berhak. Kepala Madrasah menghaturkan ribuan terimakasih pada Bapak/Ibu semua. Semoga Allah SWT mencatat amal ibadah dan membalas kebaikan kita. Aamiin Wassalamu’alaikum w. w