wisuda purnawiyata MAN 2 Kota Kediri 2021

Epilog Tahun Ini, Meriah dalam Suasana Baru

Wisuda merupaan moment yang menjadi penanda kelulusan bagi siswa di tingkat akhir setelah melalui berbagai tahap proses belajar. Moment ini menjadi langkah akhir pada suatu tingkatan untuk mengawali langkah baru di tingkat selanjutnya. Bisa dibilang, ini adalah hal yang ditunggu-tunggu oleh para siswa, namun di saat yang bersamaan menjadi moment yang mengharukan sebab waktunya melepas perjalanan dengan kawan-kawan satu sekolah. Tak terkecuali bagi siswa-siswi kelas XII MAN 2 Kota Kediri tercinta ini.

Sehubungan dengan berakhirnya masa belajar siswa kelas XII MAN 2 Kota Kediri tahun ajaran 2020/2021, pada Sabtu (10/04/2021) diselenggarakan acara wisuda purna wiyata sebagai event tahunan sekolah dengan mengusung tema “Epilogue”. Bertempat di halaman tengah MAN 2 Kota Kediri, acara ini dihadiri oleh seluruh siswa kelas XII dan jajaran tenaga kependidikan. Acara berjalan lancar dengan tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19 di bawah pengawasan Kamtibmas Kota Kediri.

Diiringi alunan musik yang merdu dari band ekstra Kesenian, para wisudawan-wisudawati mulai memasuki lokasi acara sekitar pada pukul 07.30 WIB. Deretan kursi penuh terisi, namun berjarak satu meter, acara pun dibuka sekitar pukul 08.30 WIB oleh Bapak Edi Priyanto, M.Pd.I. selaku Waka Kurikulum MAN 2 Kota Kediri yang menjadi pemandu acara. Disusul dengan pembacaan ayat-ayat suci Alquran dan sesi khidmat menyanyikan lagu “Indonesia Raya”. Acara berlanjut dengan pembacaan ikrar wisuda yang dipimpin oleh Bapak Nursalim selaku Kepala MAN 2 Kota Kediri diikuti seluruh kelas XII. Berikutnya, Lintang Adytama S. selaku Ketua OSIS periode 2019/2020 dan Muhammad Rosyad A. Selaku Ketua MPK periode 2019/2020 mewakili para wisudawan memberikan sambutan di atas panggung. Sambutan kepala madrasah yang menyusul setelah itu kemudian disambung dengan doa dan penutupan dari Bapak Jaenuri S.Pd.I dengan khusyuk.

Peserta wisuda mengaku sangat senang karena di tengah situasi pandemi seperti ini, madrasah masih bisa melaksanakan wisuda walaupun secara sederhana. Dalam kesempatan kali ini, Novia—salah satu peserta wisuda­—berpesan kepada siswa kelas X dan XI agar terus bersemangat dalam belajar maupun ekstra.  Di sisi lain, peserta lainnya—Kemal—berharap agar semua siswa kelas XII bisa meraih mimpi dan PTN yang diinginkan.

Ketika ditanya soal acara wisuda kali ini, Bapak Nursalim selaku kepala madrasah menyampaikan bahwa acara terlaksana dengan baik meskipun dalam waktu yang singkat dan dengan cara yang sederhana. Beliau berharap para wisudawan tetap mempertahankan prestasinya sekalipun telah menyelesaikan pendidikan di MAN 2 Kota Kediri. MAN 2 Kota Kediri sendiri telah menyiapkan berbagai program untuk  membantu siswanya menuju perguruan tinggi, seperti bimbingan belajar. Madrasah juga memberikan kesempatan kepada siswa yang belum mencapai ketuntasan untuk melakukan ujian ulang. Dengan peningkatan persentase siswa yang diterima melalui jalur SNMPTN juga tingginya keaktifan siswa dalam proses belajar daring inilah menjadi bukti bahwa MAN 2 Kota Kediri berhasil mewujudkan harapan masyarakat.

Ketua Panitia Wisuda, Tegar, menjelaskan bahwa “Epilogue” yang menjadi tema wisuda tahun ini dimaksudkan sebagai akhir cerita yang berkesan bagi kelas XII. Ia mengaku bahwa kegiatan ini telah dirancang sedari beberapa bulan yang lalu sehingga dapat berjalan dengan lancar meski sebelumnya tidak diadakan geladi bersih. “Wisuda kali ini disambut dengan antusiasme yang meriah dari kelas XII. Terima kasih atas pengalamannya selama tiga tahun ini, dan semoga sukses di universitas yang dituju,” ungkapnya dengan senyum bahagia.

(PJ) Ainia/Silvia/Salma

   

 

 

About Author

MAN 2 Kota Kediri

MAN 2 Kota Kediri adalah sekolah setaraf SMA di bawah naungan Kementerian Agama Indonesia yang dulu bernama MAN 3 Kediri. Merupakan Rintisan Madrasah Bertaraf Internasional yang diresmikan tahun 1992 sebelum berganti nama pada tahun 2017.

Related posts

MAN 2 KK Naik 56 Tingkat Ranking Nasional TOP 1.000 UTBK-LTMPT 2021

Madrasah Aliyah Negeri 2 (MAN) Kota Kediri terus memperbaiki posisinya sebagai salah satu madrasah terbaik di Indonesia. Peringkat MAN 2 Kota melesat 56 tingkat dalam ranking Nasional TOP 1000 UTBKLTMPT 2021 SMA/MA/SMK se-Indonesia. Saat ini madrasah tersebut menempati  urutan 223 ranking Nasional dari sebelumnya di urutan 279. Kepala MAN 2 Kota Kediri, Drs. Nursalim, M.Pd.I

Kolaborasi Menakjubkan Meriahkan Peringatan HAB Kemenag ke-76 di MAN 2 Kota Kediri

Setiap tanggal 3 Januari, keluarga besar Kementerian Agama (Kemenag) di seluruh pelosok negeri memperingati Hari Amal Bakti Kemenag. Hari Amal Bakti dapat dimaknai sebagai salah satu cara dalam melakukan sesuatu bagi banyak orang. Hal tersebut menjadi bukti akan pengabdian diri untuk negeri.       Bertepatan dengan peringatan Hari Amal Bakti (HAB) Kemenag ke-76,

kunjungan dari MAN Kota Pasuruan

Studi banding merupakan suatu kegiatan yang dilakukan dengan tujuan menambah wawasan dan pengetahuan yang akan diterapkan kedepannya untuk menjadi lebih baik. Kegiatan seperti ini tentunya sangat bagus bagi perkembangan suatu kebutuhan yang diharapkan sebagaimana mestinya. Alhamdulillah pada  hari Rabu tanggal 27 Oktober 2021 MAN 2 Kota Kediri mendapat kunjungan dari MAN Kota Pasuruan dalam rangka